Root » Tutorial » Tutorial Membuat Website Gratis

Tutorial Membuat Website Gratis

Di era sekarang, banyak orang yang menggunakan media online untuk berbisnis maupun untuk sarana tulis-menulis agar karya / bisnisnya banyak dikenal orang. Namun, bagaimana cara untuk membuat website sendiri? Terkadang ketika kita membuat, hanya subdomain yang kita dapat, contohnya: www.namawebsite.blogspot.com atau www.namawebsite.wordpress.com. Lantas bagaimana cara agar kita mendapat web dan domain kita sendiri? Berikut adalah langkah-langkah membuat website gratis.

Langkah 1: Siapkan Hosting

  • Kunjungi Situs IDHostinger. Mengapa ke IDHostinger? Karena web tersebut mudah untuk digunakan.
  • Mendaftarlah ke IDHostinger dan Verifikasi akun email yang anda masukkan.
  • Setelah mendaftar, anda akan menuju ke website IDHostinger. Namun, jika anda belum verifikasi akun email, anda tidak akan bisa membuat hosting.
  • Setelah melakukan Verifikasi Email. Maka mulai buatlah Hosting.
  • Terdapat 3 paket pilihan, tetapi jika kita belajar menggunakan website gratis, pilihlah “Gratis”.
  • Pada menu hosting baru, isikan kotak kosong subdomain sesuai nama yang diinginkan.
  • Setelah proses selesai, klik tanda + pada menu daftar hosting, klik Auto Installer. Disini saya akan memilih WordPress karena plugin dari wordpress tidak begitu berat sehingga website dapat diakses dengan cepat.

Langkah 2: Masuk ke CMS WordPress

  • Kunjungi website Admin anda, disini contohnya website saya http://www.teknography.hol.es/wp-admin. Dengan ditambahi /wp-admin maka kita akan menuju tempat dimana yang dinamakan web admin.
  • Login sesuai akun hosting anda, jika pengisian benar kita akan menuju dashboard wordpress website kita.

Langkah 3: Mencari Template

carilah template yang sesuai dengan kebutuhan anda, disini sebagai contoh web saya akan digunakan untuk hal Photography maka saya akan mencari template yang cocok. Mencari template dapat dilakukan dengan mendownload dari luar (mencari di google) atau klik menu tampilan – tema.

Langkah 4: Carilah Plugin yang anda butuhkan.

Sebagai contohnya saya akan membuat sosial media, maka yang saya butuhkan adalah Buddypress, atau jika anda ingin membuat web e-commerce / jualan online maka anda saya sarankan untuk menggunakan WooCommerce. Namun jangan lupa untuk menginstall Plugin SEO seperti Yoast SEO atau All In One SEO Pack.

Langkah 5: Mulailah membuat postingan

Buatlah postingan yang berbobot agar memberi daya tarik pengunjung, dengan postingan yang baik maka trafik websitemu akan baik.

Demikianlah Tutorial membuat Website, kreasikan website anda agar anda bisa mendapat income / pendapatan dari website. Semoga dapat memberikan manfaat.

Twitter

Arrafi Reza

Seorang siswa SMK berumur 17 tahun yang berkeinginan untuk menjadi seorang penulis lepas agar karyanya bisa dikenal banyak orang.

telah mempunyai 2 Tulisan di JhezeR.com

Tutorial »
Tutorial Membuat Website Gratis Reviewed by ArrafiReza on . Sebuah Tulisan tentang Tutorial Membuat Website Gratis @JhezeR.com

Di era sekarang, banyak orang yang menggunakan media online untuk berbisnis maupun untuk sarana tulis-menulis agar karya / bisnisnya banyak dikenal orang. Namun, bagaimana cara untuk membuat website sendiri? Terkadang ketika kita membuat, hanya subdomain yang kita dapat, contohnya: www.namawebsite.blogspot.com atau www.namawebsite.wordpress.com. Lantas bagaimana cara agar kita mendapat web dan domain kita sendiri? Berikut adalah

Rating: 4

2 Komentar "Tutorial Membuat Website Gratis"


  1. arenaqq | 1 Komentar +
    March 21st, 2017 @ 10:40

    mantap dah, lengkap semuanya disini

    Balas Yoo

  2. Rumus Excel | 1 Komentar +
    June 2nd, 2017 @ 21:27

    Wah perlu dicoba ini …

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...