Root » Tutorial » Tips Mengoptimalkan BIOS pada PC Anda

Tips Mengoptimalkan BIOS pada PC Anda

Tutorial ini ditulis pada January 2008

Mungkin saat ini Tutorial "Tips Mengoptimalkan BIOS pada PC Anda" sedikit berubah atau tidak berlaku lagi, Silahkan disesuaikan. Terima Kasih

Secara sederhana, sebetulnya hanya ada dua pilihan pada BIOS. Membuat sistem yang tercepat atau mau mengutamakan kestabilan. Kenali fungsi-fungsinya, maka Anda akan mendapatkan sebuah sistem yang optimal, hasil kompromi keduanya.

Seiring dikarenakan perkembangan komponen PC, sedikit banyak BIOS juga mengalami beberapa perubahan. Terutama hal ini terjadi dikarenakan terus berkembangnya beberapa komponen pendukung utama pada PC. CPU (central processor unit) tentu saja memegang peranan penting, dalam hal ini. Penggunaan CPU berteknologi 64-bit tentunya membutuhkan sebuah fungsi khusus. Demikian juga PCI Express sebagai pengganti slot AGP, dan DDR2 yang menawarkan bandwidth memory yang lebih besar dibanding DDR.

DI PERSIMPANGAN JALAN

Sebetulnya, tidak ada setting-an BIOS yang terbaik. Namun kami mencoba memberikan penjelasan, agar Anda dapat membuat setting-an optimal dengan BIOS Anda.

Dengan setting BIOS, Anda akan dihadapkan antara dua pilihan. Di sini dimungkinkan untuk lebih memacu komponen-komponen pada PC. Tentu saja dengan sebuah harga yang harus dibayar. Tanpa komponen yang berkualitas juga pendinginan komponen yang memadai, maka Anda hanya akan mendapatkan sebuah sistem yang tidak stabil.

Pilihan Load Fail-Safe Default ataupun yang sejenis, akan memberikan kestabilan terbaik. Sayangnya, pilihan ini tidak mengeluarkan seluruh kemampuan dari yang dimiliki sistem Anda.

Diharapkan, setelah membaca ulasan kali ini, Anda dapat lebih meningkatkan kemampuan PC Anda. Melalui setting ulang BIOS. Sesuatu yang mungkin sebagian orang masih takut untuk melakukannya. Dan sebagian lagi masih merasa bingung dengan fungsi-fungsi di dalamnya. Hal ini kami anggap wajar. Mengingat, tidak semua produsen motherboard menyertakan manual yang lengkap dan informatif. Khususnya untuk setting BIOS ini. Artikel ini lebih banyak berisi penjelasan menu-menu “baru” yang tersedia untuk BIOS sekarang.

PANDUAN, BUKU NANUAL

Tentunya, panduan yang akan termuat pada artikel kali ini masih jauh dari lengkap. Jika lengkap, tentunya bisa Anda bayangkan, akan berapa halaman yang akan membahas BIOS pada artikel ini.

Namun setidaknya, fungsi-fungsi inilah yang kami anggap paling Anda butuhkan untuk diketahui lebih lanjut. Juga pada beberapa bagian, kami menyertakan url rujukan, tempat Anda dapat mencari informasi lebih lanjut ataupun untuk men-download aplikasi pendukung.

ISTILAH FUNGSI YANG BERLAINAN

BIOS (Basic Input and Output System) sebenarnya adalah sebuah firmware yang tersimpan pada sebuah EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory).

Ini yang menyebabkan BIOS memiliki beberapa perbedaan, antara satu sistem dengan sistem yang lain. Namun perbedaan antar-BIOS sebetulnya hanya pada susunan menu dan istilah yang digunakan. Selebihnya sebagian besar memiliki kesamaan pada fungsi yang diusung.

Pada artikel ini, kami memberikan contoh kebanyakan dari Phoenix-Award. Karena belakangan ini, BIOS Phoenix-Award inilah yang paling sering kami temui pada kebanyakan motherboard terbaru.

Kami juga berusaha untuk memberikan ekuivalensi nama fitur pada kebanyakan BIOS. Namun tentunya, Anda juga sudah dapat mengira-ngira fungsi apa yang sama pada BIOS Anda.

MODDING BIOS

Tidak hanya PC case yang bisa menjadi sasaran modding. Modding BIOS pun dapat dilakukan. Yang perlu Anda lakukan adalah sebuah aplikasi yang tepat.

Beberapa produsen motherboard juga menyertakan aplikasi untuk melakukan modding BIOS. Namun, kebanyakan hanya menyediakan fasilitas sederhana. Seperti mengganti layar saat boot. Lebih dari itu, biasanya para produsen tidak menyediakannya. Dan kali ini, kami akan memberikan beberapa panduan bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya.

Pada bagian tersebut akan membahas mulai dari yang paling sederhana. Seperti mengganti welcome boot screen dari BIOS. Sampai beberapa aplikasi unik yang mampu memberikan keleluasaan untuk mengedit BIOS.

Seperti Award BIOS Editor, yang mampu mengedit menu-menu yang akan tampil pada BIOS. Ingat, aplikasi ini hanya terbatas membuka fungsi yang tersembunyi pada menu BIOS. Bukan membuat ulang program BIOS untuk menjalankan fungsi tertentu.

Ini juga berguna sekiranya Anda sudah bosan menunggu-nunggu update BIOS yang disediakan dari produsen motherboard Anda. Ataupun untuk produk yang sudah discontinue, atau malah sang produsen tidak menyediakan sama sekali perihal update BIOS ini.

Twitter

JhezeR

Engineer | Blogger | Pencari Ilmu | Internet Maniak | Pemburu Kesuk$e$an | Penikmat Musik, Film & Pertandingan | Interisti | Muser

telah mempunyai 236 Tulisan di JhezeR.com

Tutorial » » » » » » perbedaan mode auto dan manual pada setting bios » cara menyeting bios supaya pc dapat bekerja dengan optimal » beda mode auto dan manual pada setting bios » apa beda mode auto dan manual pada setting bios » seting ulang bios-award » bios terbaik »
Tips Mengoptimalkan BIOS pada PC Anda Reviewed by JhezeR on . Sebuah Tulisan tentang Tips Mengoptimalkan BIOS pada PC Anda @JhezeR.com

Secara sederhana, sebetulnya hanya ada dua pilihan pada BIOS. Membuat sistem yang tercepat atau mau mengutamakan kestabilan. Kenali fungsi-fungsinya, maka Anda akan mendapatkan sebuah sistem yang optimal, hasil kompromi keduanya. Seiring dikarenakan perkembangan komponen PC, sedikit banyak BIOS juga mengalami beberapa perubahan. Terutama hal ini terjadi dikarenakan terus berkembangnya beberapa komponen pendukung utama pada PC.

Rating: 5

17 Komentar "Tips Mengoptimalkan BIOS pada PC Anda"


  1. antodjigor | 1 Komentar +
    December 18th, 2009 @ 17:20

    waduh…cukup puas teorinya boss, pokoke aku tungguin artikel tutorialnya yg lebih ok

    Balas Yoo

  2. [ JhezeR ] | 1760 Komentar +
    December 18th, 2009 @ 18:04

    @ Antodjigor : Thanx…Dah mampir di blog ini…Tutorx cuma ngumpulin hasil copas dri bbgai sumber 🙂

    Balas Yoo

  3. eka ragata | 1 Komentar +
    May 19th, 2010 @ 01:14

    contoh ide/pata dan sata/ata

    Balas Yoo

  4. elnoor | 1 Komentar +
    August 26th, 2010 @ 09:42

    numpang tanya kalu mau install ulang tapi pas ada bacaan
    CD Windows akan melakukan proses loading driver hardware dan setelah itu akan muncul Welcome Screen yang menampilkan 3 (tiga) pilihan :

    * INSTALL WINDOWS (ENTER)
    * REPAIR WINDOWS (R)
    * QUIT (F3)

    saya pilih INSTALL WINDOWS (ENTER),tapi yang muncul malah system not find any harddisk yng artinya tak ada hardisk tapi sya reboot bisa masuk ke windows…
    ITU BAGAIMANA cara saya install ulang…..

    Balas Yoo

    [ JhezeR ] |

    Coba masuk ke bios dulu trus cari konfigurasi ide/sata pilih auto saja..cmiiw

    Balas Yoo

  5. brogodod | 1 Komentar +
    January 6th, 2011 @ 22:07

    tanks….ilmunya semoga berkah

    Balas Yoo

  6. anonim | 1 Komentar +
    February 13th, 2011 @ 14:15

    okee…..josssss buanget thanks

    Balas Yoo

  7. konsep-kerja-bios | 1 Komentar +
    February 14th, 2011 @ 17:00

    good post mas.., mungkin bisa ditambahkan konsep kerja bios, trims…

    Balas Yoo

  8. goegoen | 1 Komentar +
    March 2nd, 2011 @ 09:35

    bagaimana sich kalo mereset pasword bios, supaya ga muncul lagi

    Balas Yoo

    andykid1412 |

    coba cabut batere CMOS nya gan, trus tunggu skitar 1 jam baru pasang lg.

    Balas Yoo

  9. hendra | 1 Komentar +
    June 29th, 2011 @ 01:05

    thank you banyak mas,sangat berguna seklali

    Balas Yoo

  10. firdaus medan | 1 Komentar +
    July 13th, 2011 @ 22:49

    mas maklum ane pemula banget. bagai mana liat sata di bios tak dapat saya cari. komputer saya award win xp sp2

    Balas Yoo

  11. arif | 8 Komentar +
    September 4th, 2011 @ 09:36

    selama ini sih cuma OC dikit2 dari 2.4Ghz ke 2.7Ghz, maklum pake RAM yang beda frekuensi…

    Balas Yoo

    djawa |

    sy pernah OC tapi kapok., moboku langsung ko’it hehe., mnding oc’nya scara hardware., alias upgrade hehe.,

    Balas Yoo

  12. wahyu | 1 Komentar +
    October 29th, 2011 @ 10:30

    tolong kasi tau dong perbedaan setting manual dan auto di BIOS . . .
    Thank’s

    Balas Yoo

  13. dyanwulansari | 1 Komentar +
    October 30th, 2012 @ 07:30

    beritanya baguz gan,,,,tpi sya blum bca hehe

    Balas Yoo

  14. penyebab batuk | 3 Komentar +
    June 3rd, 2014 @ 12:14

    panjang banget artikelnya.. 4 halaman 😀

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...