Root » Blogging » Teori Evolusi dan Hubungannya dengan Masalah Blogger

Teori Evolusi dan Hubungannya dengan Masalah Blogger

Darwin, sudah mengenalnya ?
Memang, Darwin atau yang memiliki nama lengkap Charles Darwin , adalah seorang filosofis yang telah mendunia. Berbagai karya dan filosofi telah muncul dari kisah hidup orang yang satu ini. Dengan begitu, saya kira anda sudah mengenalnya jauh-jauh hari. Namun, yang perlu dipertanyakan disini, mungkin mengenai judul yang saya berikan kali ini, yakni mengenai “Teori Evolusi dan Hubungannya dengan masalah Blogger”.

Ya, sekarang ini saya akan membeberkan sebuah arti dari salah satu filosofi karya dirinya yang bertema “Natural Selection” atau biasa disebut dengan “Seleksi Alam” . Perlu anda ketahui, dalam arti sesungguhnya, Natural Selection adalah suatu seleksi yang dilakukan oleh alam itu sendiri dengan berdasarkan beberapa factor, seperti jumlah makanan yang ada, predator, serta persaingan antar individu.

Sedikit saya ulas, teori Evolusi ini sebenarnya berawal saat Darwin melihat perbedaan makanan pada 4 jenis burung Fenrich, saat dirinya melakukan kujungan perdana di kepulauan Galapagos. Sejak itu, dia terus melakukan penelitian terhadap sejumlah binatang lainnya

Pada waktu yang lain, Darwin menganggap bahwa Jerapah yang saat ini memiliki leher panjang, dulunya hanya seekor jerapah bertubuh kecil dengan leher yang pendek. Darwin juga menganggap bahwa dulunya pohon-pohon di wilayah tempat tinggal mereka hanya sebatas tinggi seekor anak kuda. Namun, seiring perubahan waktu dan cuaca, pohon-pohon tersebut tumbuh dengan begitu tinggi.

Berdasarkan pengamatannya, Darwin mengatakan bahwa jerapah tersebut telah berpindah kebiasaan dari memakan pohon yang rendah menjadi mengkonsumsi pohon yang tinggi. Dan dengan kebiasaan tersebut-lah  yang membuat otot-otot dalam tubuhnya mengalami rangsangan untuk tumbuh lebih cepat.

Tapi pada suatu hari, ilmuwan bernama Lammack menyatakan bahwa teori Darwin salah besar. Menurutnya, dahulu jerapah dibagi menjadi dua jenis, yakni jerapah yang berleher pendek dan yang berleher panjang, serta pohon-pohon yang ada disana memang hanya ada satu jenis pohon, yakni pohon yang berbatang tinggi. Selain itu, dia menuturkan bahwa “Seleksi Alam” juga yang membuat jerapah zaman sekarang hanya ada satu jenis, dengan menerapkan praktik “Siapa yang kuat, dialah yang akan jadi penguasa”.

Sebaliknya, Jerapah berleher pendek yang tidak bias menyesuaikan diri dengan lingkungannya, akan mati dan berangsur-angsur punah.

evolusi blogging

Blogging, sesuatu yang biasa kita lakukan setiap hari, ternyata memiliki factor yang mirip bahkan sama seperti apa yang dikatakan Darwin dan Lammack . Beberapa diantaranya adalah :

Persaingan yang kuat

Dalam dunia blogger, saya yakin anda menyadari bahwa setiap niche suatu blog sudah pasti memiliki tingkat persaingan. Ada yang memiliki tingkat persaingan tinggi dan ada yang memiliki tingkat persaingan rendah.

Bagi anda yang memiliki niche blog yang mudah ditemui, alias memiliki banyak pesaing, sudah tentu jangan pernah anggap bahwa masalah dalam blog anda ‘relatif’ sama dengan masalah blogger lainnya. Anda harus jadi lebih ‘lapar’ dalam menggali dalam-dalam topic (niche) anda. Anda juga harus jadi lebih agresif dalam merespon semua komentar dan saran dari pembaca blog anda.

Selain itu, Anda harus melakukan lebih dari sekedar banyak pengorbanan.
Karena saya yakin, bila hal-hal tersebut tidak anda lakukan sejak dini, anda akan tertinggal jauh dari kejayaan anda. Sebaliknya, bila anda menguasai hal-hal tersebut dan terbiasa melakukannya, anda akan unggul lebih dari yang lain.
Tapi, sebesar apapun persaingan yang ada, tetaplah tersenyum pada pembaca blog anda.

Adaptasi Konten

Layaknya Jerapah, dalam hal menulis anda butuh lebih dari sekedar energy untuk menulis, Anda butuh sebuah tindakan yang disebut juga Adaptasi.
Adaptasi konten, yang saya maksud disini adalah menyesuaikan konten dengan situasi sesungguhnya mengenai masalah yang sedang hangat dibicarakan orang. Seperti contoh anda menggunakan layanan Yahoo! Answer, dimana tempat menampung ribuan bahkan ratusan ribu pertanyaan tiap harinya, yang bias anda gunakan untuk mengetahui berita yang dibicarakan orang saat itu.

Berbicara mengenai Yahoo! Answer, sepertinya sudah tidak asing lagi. Pihak Yahoo! Answer menyediakan berbagai topic dari beberapa kategori yang ada. Anda bias memilih salah satu yang sesuai dengan isi blog anda. Setelah anda mengetahui apa yang sedang hangat dibicarakan oleh semua orang di belahan penjuru dunia, anda bias langsung mengetik artikel mengenainya dan bertindak sebagai pahlawan.

Namun, bila anda memang pada awalnya sudah memiliki artikel tersebut, tak ada salahnya bila anda membagikannya seraya mempromosikan blog anda di kalangan dunia.
Untuk itu, siap untuk beradaptasi ?

Penggunaan kata-kata pilihan

Apa yang dipilih dari seekor jerapah berleher tinggi saat melihat ada dua jenis pohon didepannya ? Apakah sama dengan pilihan jerapah berleher pendek ? Tentu tidak, bukan ?

Saya menyadari, bahwa seekor jerapah tersebut akan memilih sesuai mana yang dia anggap baik untuk dirinya, meskipun tidak bagi yang lain. Saat anda menulis, sebaiknya anda menggunakan kata-kata yang menurut anda baik untuk sebuah konten yang anda tulis.

Maka dari itu, “Jangan pernah sekalipun menggunakan fasilitas copy-paste dalam mencari sebuah artikel”.Karena akibat yang ditimbulkan sangatlah besar. Selain itu, pemilihan kata dalam konten yang dicopy tersebut  belum tentu sesuai dengan apa yang anda bahas.

Selain itu, dalam menulis sebuah konten, hendaknya memilih kata yang sesuai dengan topik apa yang dibahas. Apalagi dalam proses membuat konten segar dan berkualitas.

Bagaimana ? Tertarik untuk Berevolusi ?

Twitter

Muflich Kamil

Seorang Blogger yang memiliki hobi dalam menulis, terutama dalam hal "Make Money From Blog". Oh ya, bila ingin mengetahui lebih lanjut masalah 'make money from blog', pastikan anda juga mengunjungi blognya.

telah mempunyai 2 Tulisan di JhezeR.com

Blogging » » » » » teori blogger » is gd » adaptasi hewan jerapah » adaptasi jerapah » filosofi seleksi alam »
Teori Evolusi dan Hubungannya dengan Masalah Blogger Reviewed by Muflich Kamil on . Sebuah Tulisan tentang Teori Evolusi dan Hubungannya dengan Masalah Blogger @JhezeR.com

Darwin, sudah mengenalnya ? Memang, Darwin atau yang memiliki nama lengkap Charles Darwin , adalah seorang filosofis yang telah mendunia. Berbagai karya dan filosofi telah muncul dari kisah hidup orang yang satu ini. Dengan begitu, saya kira anda sudah mengenalnya jauh-jauh hari. Namun, yang perlu dipertanyakan disini, mungkin mengenai judul yang saya berikan kali ini,

Rating: 5

31 Komentar "Teori Evolusi dan Hubungannya dengan Masalah Blogger"


  1. Gugun | 26 Komentar + ♥♥
    April 7th, 2012 @ 19:37

    bisa gak yah saya berevolusi

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    Bisa aja kok, mas Gugun. Walaupun sebenernya agak repot kalo masalah evolusi, hehe… Keep Smile 😀

    Balas Yoo

  2. Hanif | 90 Komentar + ♥♥♥
    April 7th, 2012 @ 21:09

    soal evolusi, ya, saya mengalaminya, tidak dalam fisik tentunya seperti teori darwin, tapi dalam sikap dan proses belajar. Mengenai blog dulu sekali pas tahu blog di awal tahun, sejak sekolah, copas adalah makanan sehari2, lama2 malu, kalau tidak bisa membuat artikel pribadi dengan adaptasi dan ciri khas sendiri.

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    Bener tuh mas Hanif. Memang blogger sukses dulunya sering copas sana sini gak karuan. :/ Tapi lama-lama hati terdalamnya ngatain kalo kelakuan dirinya ngga baik. Jadinya, dia mulai berevolusi tumbuh menjadi blogger yang sukses 😀

    Balas Yoo

  3. amdhas | 11 Komentar +
    April 8th, 2012 @ 02:28

    Blogging ga punah klo kita menerapkan blogazine..dan blogazine akan menjadi sistem blog masa depan pengganti majalah. Saya sangat yakin itu seperti saya yakin dengan html5 dan css3 akan menjadi masa depan website. Dan sistem blogging yang pernah di bahas smashing adalah blogazine..

    [The death of boring blog post]
    THE FUTURE OF BLOG IS BLOGAZINE

    Kita buktikan nanti..
    Berevolusi dan berevolusilah dengan blogazine dan html5, untuk menyambut ke depan dunia blogging seperti yang di katakan padly donnely.

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    Haha.. Bener tuh mas, makasih dah share infonya 🙂

    Balas Yoo

    JhezeR |

    walau gak menerapkan sistem blogazine pun , saya rasa blogging gak akan punah mas cuma mgkn konsep blogging itu sendiri yg akan berevolusi, contohnya twitter disebut jg microblogging.

    yap, html5 dan css3 akan menjadi dasar web / blog mendatang. kita lihat saja 🙂

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    Wah. si bos dateng nih.. hehe, maklum mas, saya baru di guest blogging. 😀

    Balas Yoo

    JhezeR |

    wew… gak ada bos disini mas, saya aja blum pernah malah jg guest blogger

    dhenycahyoe |

    setuju dengan pendapat bang amdhas, blogazine merupakan evolusi masa depan seorang blogger, Creative Over MERDEKA

    Balas Yoo

    die |

    Blogazine lover ngumpul 😉

    Balas Yoo

  4. Aming | 57 Komentar + ♥♥♥
    April 9th, 2012 @ 17:16

    gan, maaf oot dikit, ane butuh bantuan tentang theme ini, boleh dibantu kah??

    thanks

    Balas Yoo

  5. pututik | 3 Komentar +
    April 9th, 2012 @ 19:56

    harus fokus dengan artikel terkait itu yang perlu, lha kalo artikel di blognya acak adul kayak punya saya pripun niku?

    Balas Yoo

  6. Muflich Kamil | 32 Komentar + ♥♥
    April 10th, 2012 @ 04:55

    @Aming : Masalah tema bisa hubungi mas Jhezer lewat email
    @pututil : Maksudnya apa mas ?

    Balas Yoo

  7. Blogger Bahagia | 6 Komentar +
    April 10th, 2012 @ 19:00

    Kalau mau jadi blogger yang berovolusi kuncinya harus sering-sering menulis ya… Kalau tidak nanti nasibnya bisa seperti jerapah berleher pendek 🙂 Bukan begitu da…

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    @blogger Bahagia : bener tuh mas, ntar lama-lama nyampah alias punah kek si jerapah leher pendek 😉

    Balas Yoo

  8. Kursus Kilat Com | 1 Komentar +
    April 12th, 2012 @ 15:58

    Seleksi alam atau seleksi Google, bro? 🙂

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    hehe.. dua”nya berperan penting mas 😛

    Balas Yoo

  9. die | 23 Komentar + ♥♥
    April 12th, 2012 @ 21:53

    Bersyukurlah kalau masih bisa ber-evolusi, karena banyak diantaranya hanya statis bahkan mundur 😀

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    ya itu dia, kebanyakan blogger ngekucilin gitu aja kan ?

    Balas Yoo

  10. ryan | 11 Komentar +
    April 13th, 2012 @ 16:06

    bisa aja ni adminnya..ssip..sip, he

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    hehehe…. 😀
    Bisa dong 😉

    Balas Yoo

  11. tomi | 103 Komentar + ♥♥♥
    April 13th, 2012 @ 18:55

    memang sih mas smua blogger pasti evolusi … sayla jg evolusi kok dari blogger hobby nulis eh lama2 jadi blogger monetise.. tp blm blogger matre

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    matre ? jangan lah.. jaga baek” yah biar ga kek gitu 🙂

    Balas Yoo

  12. iwan | 1 Komentar +
    April 14th, 2012 @ 01:37

    susah skali mempraktekkannya

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    Jangan bilang susah mas iwan, ntar praktek nya jadi lebih susah lho 😀

    Balas Yoo

  13. Sholihin | 12 Komentar +
    April 17th, 2012 @ 11:21

    Tidak hanya blogger, semuanya nanti kayaknya bakalan berevolusi. Dari blog yang dahulu hanya membagikan informasi, jadi bisa menghasilkan uang. dari blog yang dulu tampilan sederhana, sekarang lebih bagus, contoh blogazine. Mungkin suatu saat nanti HTML5 ataupun CSS3 juga akan berevolusi,
    evolusi menuju yang lebih baik? kenapa takut
    🙂

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    Like this ^ (y)

    Balas Yoo

  14. May 15th, 2012 @ 18:45

    […] pula dengan Blogger. Guest Blogging. Ya, Guest Blogging. Ketika anda menulis artikel pada blog seseorang, fans mereka akan beralih pada […]

  15. Reza Natadipura | 47 Komentar + ♥♥
    June 19th, 2012 @ 07:47

    Namanya jg teknologi, pasti selalu berkembang.. mengikuti kainya lbh baik klo emang mau berkembang, lbh bgs lagi klo jadi pengembang.. 😀

    Balas Yoo

  16. Jefry | 11 Komentar +
    March 27th, 2013 @ 15:42

    copy paste sama halnya membunuh kreatifitas kita dalam menulis konten ya.. dan apapun rintangannya semoga kita bisa kuat dalam dunia internet ini dan jangan sampai menjadi salah satu blogger yang terseleksi dengan sendirinya. semangat 🙂

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...