Root » Info » Super Komputer

Super Komputer

Setelah 18 bulan IBM dengan super komputer Roadrunner-nya menjadi yang tercepat, kini Cray XT5 mengalahkan IBM Roadrunner sebagai super komputer tercepat di dunia. Secara teori, super komputer Cray XT5 ini memiliki performa komputasi hingga 2,3 Petaflops (lebih dari 2 triliun hitungan per detik) dan 1,75 Petaflops menurut benchmark Linpack.

Bandingkan dengan ‘mantan tercepat’ IBM Roadrunner memiliki performa komputasi hingga 1,04 petaflops. Kini super komputer Cray XT5 menduduki peringkat 1 dalam TOP500. Apa sih ‘otak’ dari super komputer ini? Menurut kabar yang saya dapat, super komputer Cray XT5 ini terdiri dari 224162 core. Prosesor yang digunakan adalah AMD Opteron ‘Istanbul’ yang memiliki 6 core prosesor.

Super komputer ini berlokasi di Oak Ridge National Laboratory. Super komputer ini akan digunakan untuk mensimulasikan cuaca dan supernova (ledakan bintang). Super komputer ini menggunakan sistem operasi linux yang telah di modifikasi agar mampu memaksimalkan potensi dari super komputer Cray XT5 ini. 80% dari super komputer di daftar TOP500 menggunakan prosesor intel, namun sistem intel sendiri hanya mampu mencapai peringkat 5, sedangkan peringkat 1-4 dikuasai oleh sistem berprosesor AMD. Fakta yang cukup memalukan bagi Intel.

From : Lintasberita.net

Twitter

JhezeR

Engineer | Blogger | Pencari Ilmu | Internet Maniak | Pemburu Kesuk$e$an | Penikmat Musik, Film & Pertandingan | Interisti | Muser

telah mempunyai 236 Tulisan di JhezeR.com

Info » » »
Super Komputer Reviewed by JhezeR on . Sebuah Tulisan tentang Super Komputer @JhezeR.com

Setelah 18 bulan IBM dengan super komputer Roadrunner-nya menjadi yang tercepat, kini Cray XT5 mengalahkan IBM Roadrunner sebagai super komputer tercepat di dunia. Secara teori, super komputer Cray XT5 ini memiliki performa komputasi hingga 2,3 Petaflops (lebih dari 2 triliun hitungan per detik) dan 1,75 Petaflops menurut benchmark Linpack. Bandingkan dengan ‘mantan tercepat’ IBM Roadrunner

Rating: 5

0 Komentar "Super Komputer"

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...