Root » Blogging » Sebelum Memilih Domain untuk Blog Bisnis, Baca Ini !

Sebelum Memilih Domain untuk Blog Bisnis, Baca Ini !

Domain merupakan alamat web yang humanity, surfer hanya perlu mengetikan sebuah karakter unik di browser dan biarkan DNS yang mengambil data dari Server . Faktor humanity itu bukan tidak ada kelemahan, jumlah karakter yang tersedia dan standarisasi domain membuat nama web domain yang unik semakin susah dicari. Sama halnya domain blog, khususnya blog yang diharapkan menghasilkan profit. Sebuah mitos jaman dahulu yang kini hampir menjadi kenyataan dimana; Domain Bagus = Profit Bagus. Untuk itu, seorang blogger wajib melakukan serangkaian riset agar kualitas blognya tidak mengecewakan nanti. Sekedar tau saja, domain memegang peranan penting sebagai salah satu faktor pendongkrak kualitas SEO sebuah blog.

Nama domain yang bagus untuk blog tentu saja akan memberikan traffic pengunjung yang lebih banyak. Kenapa ? karena unik – mudah diingat. Karena pendek – mudah diketik. Karena bla bla bla – masih banyak lagi. Anda akan menemukannya di dalam artikel sederhana ini

Niche / Topik Blog

Sebuah domain sebaiknya relevan dengan niche/topik konten blog. Sungguh menyedihkan jika jualpulsa.com adalah domain sebuah blog tentang hewan piaraan. Relevansi antara nama domain dan niche konten yang kuat adalah pondasi SEO yang mendasar. Algoritma mesin pencari dirancang semakin pandai dalam menentukan relevan/tidaknya elemen – element dari sebuah website. Semakin relevan sebuah domain, maka semakin bagus juga kualitas SEO & kekuatan brand blog tersebut.

TLD / Top Level Domain

Saat ini, TLD berjumlah 324 dimana 291 ialah TLD untuk kode negara (contoh : .us .fr .au dll) 5 adalah top TLD (.com .biz .net .info .org) dan sisanya adalah TLD untuk berbagai website khusus. Sekitar 15 TLD lagi yang sedang diusulkan. Ada beberapa domain yang bisa dengan bebas dibeli dan ada juga yang tidak misalnya (dot) com.

Anda boleh menggunakan TLD & ccTLD tersebut sebagai nama domain blog anda. Saya tidak mengganggap TLD .com adalah yang paling bagus karena perkembangan internet yang demikian pesat sekarang ini tidak lagi memanjakan TLD tertentu. Algoritma mesin pencari seperti Google atau Bing pasti tidak ingin kehilangan beberapa persen pangsa pasarnya hanya karena meng”anak-tiri“kan sebuah TLD.

Usulan TLD “Whatever” yang dijanjikan hadir pada kuartal pertama 2012 nanti maka mesin pencari akan menghapus budaya “anak tiri TLD” dari algoritma pencaharian mereka. TLD “Whatever” ini mengijinkan siapapun bisa mendaftar TLD semau dia walaupun dengan harga yang tidak murah. Tapi apabila dilihat dari kacamata psikologis, TLD .com masih bisa dianggap layak untuk menjadi TLD utama blog anda. Ini dikarenakan ingatan surfer yang fanatik terhadap akhiran awal sebuah web adalah (dot) com. Setidaknya dengan menggunakan TLD .com adalah untuk mencuri keuntungan dari anggapan surfer awam akan Web yang sama halnya dengan .com.

Soal dukungan browser, Firefox yang tersetting default akan menambahkan sufix “.com” pada alamat web tanpa TLD  yang anda ketik di addres bar. Sebuah keuntungan SEO bukan ?. Ini hanya contoh untuk menggambarkan kira – kira TLD mana yang lebih layak dipilih.

Terlepas dari itu, banyak blog sukses yang menggunakan TLD selain .com, misalnya designm.ag dan dailysocial.net.

Branded

Semua blog lokal ramai – ramai menulis bahwa Domain yang bagus adalah Domain yang Branded. Anda Setuju? Saya juga setuju lho :). Tapi hey, apakah blog sebesar jhezer.com ini branded ? Saya pikir tidak :). Tetapi apa yang membuat blog ini begitu ramai dikunjungi ? Ini soal passion. Sebagus apapun domain yang anda pakai tetapi jika anda tidak memiliki passion pada blog anda tersebut maka saya pastikan blog itu akan tenggelam.

Contoh lainnya yaitu smashingmagazine.com.  Ini juga tidak branded sama sekali. Panjang dan susah dihafal. Ya, mungkin untuk bahasa orang bule itu adalah domain “awesome” tapi orang Indonesia akan susah menyebutnya apalagi menghafal. Yang membuat blog itu mendunia adalah menumpang pada ketenaran bahasa Inggris yang memang sudah mendunia.

Skalabilitas

Pikirkan skalabilitas juga kawan – kawan. Anda harus memikirkan sebesar apa blog anda 2 -3 tahun ke depan. Domain dengan tingkat elastis tinggi adalah domain yang dapat mencakup seluruh produk anda. Singkatnya tidak spesifik/sempit. Misalkan anda telah memiliki blog review software dengan domain reviewsoftware.com berarti anda telah kehilangan kesempatan menulis topik tentang review hardware. Mau tidak mau anda harus membeli domain baru bukan ? Untuk menyiasati kasus seperti di atas, anda bisa saja menggunakan domain revware.com heheheh

Nah, maksud saya menyarankan anda memilih domain yang luas adalah untuk mengantisipasi kasus – kasus seperti itu.

Sekian dulu artikel sederhana ini. Mohon maaf jika ada kalimat yang salah dan jika ingin berdiskusi silahkan isi kotak komentar di bawah. Saya akan menulis banyak di blog bagus ini

Twitter

Adexon Mnaohonin

Front-End Designer di Enginesia.com. Sebuah layanan Blog Builder kecil. Menyukai Kode, SEO & Startup.

telah mempunyai 1 Tulisan di JhezeR.com

Blogging » » » » »
Sebelum Memilih Domain untuk Blog Bisnis, Baca Ini ! Reviewed by Adexon on . Sebuah Tulisan tentang Sebelum Memilih Domain untuk Blog Bisnis, Baca Ini ! @JhezeR.com

Domain merupakan alamat web yang humanity, surfer hanya perlu mengetikan sebuah karakter unik di browser dan biarkan DNS yang mengambil data dari Server . Faktor humanity itu bukan tidak ada kelemahan, jumlah karakter yang tersedia dan standarisasi domain membuat nama web domain yang unik semakin susah dicari. Sama halnya domain blog, khususnya blog yang diharapkan

Rating: 4

32 Komentar "Sebelum Memilih Domain untuk Blog Bisnis, Baca Ini !"


  1. JhezeR | 1760 Komentar +
    March 27th, 2012 @ 12:06

    lama gak jumpa mas 🙂
    tulisannya sangat menarik mas, mmg saat ini memilih domain yg punya keyword memberikan nilai lebih jika fokus utk kw tersebut, tp hal tsb jg tidak menjadi jaminan jika konten nya gak berkualitas.

    kembali lagi ke “Domain Bagus + Kontent berkualitas = Profit Bagus”

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    hehehe lgi vakum ngurus blog sndiri mas…mending nulis2 di blog teman
    Stuju mas, domain yang bagus-pun akan jadi branded kalo didukung dgn konten yang berkualitas….

    Balas Yoo

  2. Hanif Mahaldi | 90 Komentar + ♥♥♥
    March 27th, 2012 @ 17:37

    studi case aja soal friendster, karena pemilihan domain dan konten dulu akhirnya untuk social media online,akhirnya kolaps,dan penggantinya menjadikannya game online, nama yg disematkan karena social media karena nama domain itu akhirnya membuat pembeli domain friendster ini akhirnya kurang populer sekarang.

    jadi bener, pemberian nama yg baik pada domain khusus untuk bisnis mempermudah SEO juga.

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    bner mas, sekarang jadi aneh “friend”ster kok isinya game..harusnya “game”ster dong heheheh

    Balas Yoo

    Hanif Mahaldi |

    hehe, mungkin gamester udah kemahalan buat belinya aja mas, belum developenya. 😀

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    bisa jadi gan…btw, data2 member masih ada gk ya? kangen sma templet buatan sndiri di profile page heheheh

  3. amdhas | 11 Komentar +
    March 28th, 2012 @ 11:45

    Biasanya saya klo tld memang buat monitize dan flow bisnis dan biasanya pakai drupal klo untuk cms. Memang benar klo domain itu harusnya mudah di ingat. dan nyambung sama niche itu sendiri.

    Klo hanya buat blog pribadi ga masalah untuk pemberian nama.

    CMIIW

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    iya gan, kaya’ amdash.tk juga mantep mas 🙂

    Balas Yoo

  4. andank | 27 Komentar + ♥♥
    March 28th, 2012 @ 12:45

    nyimak yang udah masta-masta aja deh 😀

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    wduh dipanggil mastah…y udh kita saling nyimak deh, kali2 nulis dong di sini hehe

    Balas Yoo

  5. Aquidea | 8 Komentar +
    March 28th, 2012 @ 13:36

    Ulasannya keren banget Mas… membuka pikiran kita bahwa pemilihan domain harus dilihat dan dipelajari secara s**sama agar mendapat profit yang bagus pula….

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    thank btw “s**” itu kira apa ya ? 😀

    Balas Yoo

  6. Suke | 5 Komentar +
    March 28th, 2012 @ 18:53

    kadang merasa maksa banget klo damainnya terdiri dari 3 kata seperti punyaku yang ini 🙂

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    gpp kok mas..yng penting passion aja kyk yg Ma Jhezer & Mas Farizalfa bilang….

    lama2 bkal jadi branded kok

    Balas Yoo

  7. farizalfa | 13 Komentar +
    March 28th, 2012 @ 19:55

    Aku pun membeli farizalfa karna paduan nama panggilan kecil dan nama panggilan sekarang diriku. Branded? Tentu saja tidak.

    Aku setuju dengan tulisan bang, domain tidak menentukan ramainya sebuah blog tapi tergantung dengan passion yana ada dalam diri kita.

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    100% setuju mas

    Balas Yoo

  8. Aming | 57 Komentar + ♥♥♥
    March 29th, 2012 @ 12:22

    branded…sama seperti para konsumen sepeda motor,
    mereka terkadang awam akan spesifikasi tp karena dimata publik produk sepeda motor tertentu sudah dikenal, ya jadi ikut-ikutan deh…itu dapat menjadi nilai tambah…

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    mirip juga kyk iklan susu mas…embel2 DHA, Omega3 & unsur2 kimia yg canggih2 biar kliatan “WAH”……orang lgsung tertarik pngen beli karna “canggih” itu tadi 😀

    Balas Yoo

  9. Mas Jamal | 2 Komentar +
    March 29th, 2012 @ 22:22

    Hati-hati kalau milih nama domain branded. Bisa-bisa malah nanti kena gugat seperti kasus-kasus yang sudah ada 😀

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    hahaha bner juga mas..

    Balas Yoo

  10. giewahyudi | 3 Komentar +
    April 2nd, 2012 @ 10:24

    Enggak blog ini branded kok. Percaya deh.. 🙂

    Balas Yoo

  11. nur abidah | 5 Komentar +
    April 4th, 2012 @ 06:54

    info yang bermanfaat, kalau bagiku domain yang penting unik, pendek dan mudah diinget…

    Balas Yoo

  12. tomi | 103 Komentar + ♥♥♥
    April 5th, 2012 @ 17:38

    saya jg termasuk yg sukses dengan TLD .net.. yg dot com malah entah males ngurus

    Balas Yoo

  13. Kukuh | 6 Komentar +
    April 5th, 2012 @ 18:41

    Memilih domain untuk usaha emang susah, kebanyakan domain yang bagus udah di register..
    Tapi emang bener domain bagus bukan jaminan yang paling penting SEO nya..

    Balas Yoo

  14. cerita anak kost | 1 Komentar +
    April 6th, 2012 @ 05:14

    sebenarnya saya bukanya ga mampu beli domain, tapi klo soal manfaat, menurut saya mending yang gratis. soalnya klo gratis kita ga perlu bayar, klo yang TDL harus bayar dan resikonya klo ga bayar nantinya dengar dengar blognya ga bisa di akses.

    satu contoh misalnya kita mati besok, klo kita ga bayar TDL amal yang kita tulis di blog hilang kan? klo gratisan, ia akan selalu ada dan mudah mudahan akan selalu di akses, akhirnya, insya alloh klo jadi manfaat, bisa jadi ladang amal buat kita di akhirat nanti. bukan begitu?

    Balas Yoo

    Ade Malsasa Akbar |

    Bagus sekali komentar anak kost ini. Semoga Allah merahmati Anda.

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    bner mas…tergantung pandangan msng2 owner dia milih yg mana..gratis atau berbayar. klo suka yg gratisan yo silhkan, klo pngen ngulik yg berbayar yo silahkan jga…..:D

    Balas Yoo

  15. Ade Malsasa Akbar | 2 Komentar +
    April 6th, 2012 @ 11:04

    Halo, Mas. Lama tak jumpa. Saya mau tanya.

    Blog saya malsasa.tk. Sekitar 1 tahun sudah betah di Google. Namun akhir-akhir ini ia hilang dari pencarian Google Web, malahan muncul di Google Blogsearch. Saya masukkan malsasa.tk di Google Websearch, ia tidak muncul sama sekali. Tetapi kalau saya ganti jadi site:malsasa.tk, keluar. Ini terjadi setelah saya menghapus beberapa posting.

    Nah, bagaimanakah membenahi ini biar blog saya kembali muncul di pencarian Google seperti dulu dan tidak hilang lagi? Apakah saya melakukan kesalahan seo (page rank malsasa.tk = 2)? Dan apakah .tk diblokir oleh Google? Terima kasih atas jawabanmu, Mas. Oiya, saya masih pakai WordPress.

    Balas Yoo

    Adexon Mnaohonin |

    waduh klo smpe SEO teknis ginian kurang tau ya soalnya google rumit bner algorimanya… cba jalan2 ke TOS mereka siapa tau ada kebijakan yg diganti

    Balas Yoo

  16. Jackysan Dofollow | 1 Komentar +
    April 7th, 2012 @ 16:49

    Ulasannya manttab… saya utk saat ini hanya memesan domain name yang menurut saya userfirendly dari sisi keyword on domainnya jika bisa, tapi kalo ngga saya biasanya berdasarkan topik yg dibahas saja…
    salam kenal mas.. kunjungan perdana neh…

    Balas Yoo

  17. Reza Natadipura | 14 Komentar +
    April 16th, 2012 @ 08:24

    Jadi inget kata om shakespare, “apalah arti dari sebuah nama”… lalu Rasulullah menjawab, “nama adalah sebuah doa”.. Ariel peterpan juga bilang, “sebuah nama sebuah cerita”… 🙂

    Balas Yoo

  18. Web.org | 1 Komentar +
    October 21st, 2012 @ 02:26

    Tops post banget gan,di jamin saya masih belum paham. Padahal kayanya sudah komplit nih artikel…..maklumlah akal sumbek…..Numpang seodt ilmu lah…

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...