Root » Blogging » Pengunjung Baru dan Pengunjung Setia, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Pengunjung Baru dan Pengunjung Setia, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Halo, ini pertama kalinya saya menulis disini. Loh, kemana mas JhezeR? Hehe, tenang, ini salah satu bentuk program mas JhezeR yang mana “guestpost” atau penulis tamu undangan dan pertama kalinya saya diundang untuk mengisi satu artikel seputar blogging disini.

Percakapan singkat lewat YM (yahoo messenger) malam tanggal 19 februari 2012 dimana saat itu secara iseng saya tertarik untuk membuat artikel sebagai penulis tamu setelah sebelumnya saya membuat artikel untuk ruangfreelance[dot]com. Ketertarikan saya pun berlanjut dan deal pun terjadi antara saya dan mas JhezeR. Nah, sekarang, mari baca ulasan saya ya.

Efek Pengunjung Sebuah Blog

Blog yang kita punya, yang selalu kita update dengan artikel-artikel khas yang kita miliki, tentu tak lepas dari kata pengunjung. Ya, karena blog kita pun akhirnya akan kedatangan sebuah pengunjung. Baik itu teman sendiri, atau bahkan dalam komunitas blogger daerah yang kita tinggali, atau bahkan secara profesional yang datang melalui mesin pencari seperti Google. Sayangnya tak banyak blogger yang paham tentang efek dari pengunjung blog yang setiap hari datang pada blog mereka. Efeknya? Tentu pengunjung blog ini akan menjadi pembaca. Tingkat lanjutnya akan menjadi komentator dari artikel yang kita posting.

Efek ini akhirnya terkait erat dengan pengunjung blog baru dan pengunjung setia. Seperti saya jelaskan sebelumnya jika pengunjung blog baru berpotensi menjadi pengunjung blog setia anda namun potensi itu tergantung dari mana anda bisa mengajak mereka mau melakukannya, setia mengunjungi blog anda, membaca, kemudian berkomentar.

Sayangnya banyak blogger yang lebih suka mencari pengunjung baru dibandingkan mempertahankan pengunjung setianya. Karena banyak blogger tidak memaksimalkannya pengunjung blog lama, berimbas tidak ada komunikasi yang konsisten yang menyebabkan kesemuan dalam blogging dan akhirnya pemilik blog memilih meninggalkan blog mereka karena jenuh, tidak mendapatkan kepuasan emosional secara lengkap. Artinya, percuma saja punya blog dengan traffic 10.000 tapi sepi tak ada satupun yang mau berkomentar.

Jadi Lebih Baik Pengunjung Baru atau yang Setia?

Saya menjelaskan di blog saya dengan artikel berjudul, Ayo Bangun Komunitasmu Sendiri! dimana saya menjelaskan bahwa pengunjung blog setia anda, adalah bentuk tidak langsung dari komunitas anda yang telah terbentuk pada blog anda. Siapa mereka? ya, yang setia dengan blog anda, pengunjung lama yang selalu membaca artikel baru anda dan yang rajin berkomentar pada artikel-artikel anda. Jadi pengunjung baru tidak penting? Penting, tentu dengan tidak meninggalkan pengunjung blog setia anda. Kok bisa sih kita meninggalkan pengunjung setia? Toh, mereka selalu mengikuti perkembangan blog kita.

Banyak narablog yang gagal mempertahankan pengunjung setianya karena mengejar pengunjung baru. Ingat, pengunjung blog setia anda adalah yang tahu lebih banyak seluk beluk blog anda dibandingkan pengunjung baru karena merekalah yang setia untuk melihat sisi positif atau negatif blog anda. Semakin banyak perubahan yang tidak disukai pengunjung setia anda, walau berdampak lebih banyaknya pengunjung blog baru datang, maka akan sia-sia saja. Takarannya jelas, mulai berkurang intensitas yang berkomentar di blog anda, mulai banyak yang unsubscribe email mereka dari langganan blog anda.

Jadi jelas kan? Pertahankan pengunjung setia anda. Ini bukan masalah SEO, bukan pula lomba-lombaan naikin traffic, tapi membangun blogmu lebih hidup dan bermakna lagi. Bahkan jika anda mau berusaha lebih, pengunjung setialah yang rela bahkan membeli apapun dari rujukan anda nantinya dari blog anda atau bahkan produk anda sendiri. Semoga bermanfaat ya. Salam.

Twitter

Hanif Ilham Mahaldi

Seorang Blogger dengan spesialis content writer, penulis lepas yang masih cari-cari client, seorang yang lebih gemar menulis, cari ide, dibandingkan dengan mainan coding, internet marketer with twitter specialist, kalau mau tahu tentang saya, cek lagi aja ke blog saya. :)

telah mempunyai 9 Tulisan di JhezeR.com

Blogging » » » » » »
Pengunjung Baru dan Pengunjung Setia, Mana yang Lebih Menguntungkan? Reviewed by Hanif Ilham Mahaldi on . Sebuah Tulisan tentang Pengunjung Baru dan Pengunjung Setia, Mana yang Lebih Menguntungkan? @JhezeR.com

Halo, ini pertama kalinya saya menulis disini. Loh, kemana mas JhezeR? Hehe, tenang, ini salah satu bentuk program mas JhezeR yang mana “guestpost” atau penulis tamu undangan dan pertama kalinya saya diundang untuk mengisi satu artikel seputar blogging disini. Percakapan singkat lewat YM (yahoo messenger) malam tanggal 19 februari 2012 dimana saat itu secara iseng

Rating: 4

58 Komentar "Pengunjung Baru dan Pengunjung Setia, Mana yang Lebih Menguntungkan?"


  1. JhezeR | 1760 Komentar +
    February 20th, 2012 @ 08:55

    nice post mas hanif,mungkin pengunjung setia JhezeR.com termasuk mas hanif juga yoo πŸ™‚

    Balas Yoo

    kamaropini |

    haha, ketauan deh, bloggwalking meningkatkan kreatifitas mas, entah berapa persen ngaruhnya, yang penting ngeblog terus… πŸ™‚

    Balas Yoo

  2. bro eser | 26 Komentar + ♥♥
    February 20th, 2012 @ 20:30

    Saya lebih suka juga dengan pengunjung setia… Tapi sayang sekarang saya mulai kehilangan loyal visitor karena saya juga mulai jarang bermesraan dengan blog saya dan blog tetangga…

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, ayo bro di jaga komunikasi dan silaturahminya πŸ™‚

    Balas Yoo

    JhezeR |

    justru loyal visitor lah yg akan tetap berkunjung, walau blog jrg diupdate atau jarang blogwalking

    Balas Yoo

  3. andank | 27 Komentar + ♥♥
    February 20th, 2012 @ 21:33

    saya ngak nolak saya penggunjung baru mas hanif, tapi lebih mengutamakan penggunjung setia saya *kalo ada πŸ˜€

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, pengunjung baru boleh, tapi pengunjung setia jangan lupa ya, sayang loh kalau di cuekin. hehehe.

    Balas Yoo

    JhezeR |

    makin bagus lagi pengunjung setia nambah, pengunjung baru dan nyasar makin banyak πŸ˜€

    Balas Yoo

    andank |

    setuju sama mas jhezer

    Balas Yoo

  4. dHaNy | 29 Komentar + ♥♥
    February 20th, 2012 @ 21:43

    Wah bener juga mas Hanif, kita perlu rajin2 bermain ke blog orang yang menjadi pembaca setia blog kita. Pasti akan terjalin hubungan yang kuat…

    Balas Yoo

    kamaropini |

    bener, bisa jadi komunitas kecil2an antar blogger, gak harus komunitas kedaerahan juga mas dhany. hehe.

    Balas Yoo

    JhezeR |

    yap, setuju mas dhany & hanif.. jadinya ntar bisa disebut komunitas para pengunjung setia πŸ˜€

    Balas Yoo

  5. DikMa | 17 Komentar +
    February 21st, 2012 @ 04:25

    saya pun senang yang setia2 aja mas …
    but gmana mo pengunjung setia, wong saya aja jarang update2

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, gak papa, asal di list aja, pernah komentar kemana aja, siapa aja yg pernah komentar balik, ntar biar gampang buat blogwalkingnya. πŸ™‚

    Balas Yoo

    JhezeR |

    kadang pengunjung setia jg jarang yg kasih komen mas, nah yg seperti itu kan termasuk jg pengunjung setia.

    Balas Yoo

    kamaropini |

    iya, hehe, kalau mau feedback cepet ya sering ngunjungi yg sering komen mas itu lebih mudah. πŸ™‚

  6. febriosw rsgis | 19 Komentar +
    February 21st, 2012 @ 07:27

    Ijin komentar untuk tulisannya blogger tamu.

    Sy sepakat untuk pengunjung setianya. Pengunjung setia lebih banyak meninggalkan komentar juga. πŸ™‚

    Balas Yoo

    kamaropini |

    sip, tapi jangan buat blognya jadi DoFOLLOW mas, soalnya banyaknya komentar malah isinya spaming. hehe.

    Balas Yoo

    JhezeR |

    @febri : yap, saya juga rasain sendiri, pengunjung setia pasti komennya udah lebih dari 5

    gpp juga blog dofollow πŸ™‚ , ntar kalo ngak ada susah cari backlink gratis.

    Balas Yoo

    kamaropini |

    haha, kalau alasannya itu, no comment mas jhezer… πŸ™‚

  7. areximut | 5 Komentar +
    February 21st, 2012 @ 19:46

    habis baca, saya malah bingung mas Hanif, bingung mau kasih komentar apa. Kalau masalah pengunjung setia gitu, biasanya saya dapat dengan blogwalking dan commenting. Tapi saat posisi saya sebagai pengunjung, yang pasti dan wajib saya kunjungi setiap minggu sekali adalah daftar sahabat/blogroll, tanpa dikomen pun saya akan dengan senang hati berkunjung ke blog tersebut. Btw, apakah saya termasuk pengunjung setia atau pengunjung baru ya? atau jangan-jangan saya pengunjung misterius?

    Balas Yoo

    JhezeR |

    bingung aja msh bisa kasih komen yg panjang mas, apalagi kalo gak bingung hehe..
    saya rasa pengertian pengunjung setia disini adalah pengunjung yang secara rutin datang ke blog, kasih komen/ gak.

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hm,,, ya, pengunjung setia memang tidak berdasarkan komentar saja mas, studinya panjang, misalnya tuh, soal pageviews, kita mungkin dinamakan pengunjung setia portal berita, misalnya detik, tapi kalau kompas membuat artikel yg sama dan lebih menarik, kita pun akan berpaling, jadi komentar adalah salah satu cara membuat pengunjung untuk tetap stay di blog kita karena adminnya gak cuek dengan yang komentar. hehe. itu sih simplenya. kalau mau lebih panjang lagi, jadi deh 1 artikel lagi.

    Balas Yoo

  8. adizone23 | 71 Komentar + ♥♥♥
    February 22nd, 2012 @ 00:00

    saya sudah jadi pengunjung setia di Jhezer.com/Jhezer.web.id, yo ndak jer ?
    hehe

    keren tulisan nya mas hanif… πŸ™‚
    well, pengunjung setia itu kalo bisa dikatakan sebagai follower. jika kalo dianalogikan sebagai musisi, maka pengunjung setia adalah fans yang rela beli CD, cassette, atau mercahdise tentang musisi favorite.
    saya salut sama penunjung setia karena loyal dan meninggalkan jejak berupa komentar.

    by the way, dulu pernah sih jadi pengunjung setia beberapa blog tapi sekarang karena blog yang bersangkutan udah jarang update jadi gak pernah main ke blog tersebut. #curcol

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, begitulah mas, saya juga pernah mengalami apa yg seperti mas adi ceritakan diatas.

    yups, followers, ada beberapa tipe sebenarnya mas, ada followers holic, dimana mereka bela2in akses ke blog kita tiap hari, komentar tiap hari, dkk.
    followers kritis, dimana mereka akses ke blog untuk memberikan kritik dan saran demi kemajuan blog kita, bahkan tidak ditanggapi pun tetep aja isinya kritik dan saran.
    followers pasif, dimana mereka akses ke blog kita sesekali kalau minat, kalau misalnya blog kita down, mereka gak ikut ambil pusing, pindah ke blog lain. hehe. dan masih banyak lagi kualifiaksi followersnya mas.

    Balas Yoo

  9. tidares | 3 Komentar +
    February 22nd, 2012 @ 01:40

    blogku punya pengunjung setia apa enggak ya?
    mungkin tamunya datang diantar gugel. hehehe

    Balas Yoo

    kamaropini |

    mantab kalau itu berarti, gak perlu meyakinkan mereka dengan konten unik, jadi pada dateng dari google, dan biasanya pengunjung baru yang rutin dateng karena penasaran dan kebutuhan terhadap blognya mas.

    Balas Yoo

  10. farizalfa | 13 Komentar +
    February 22nd, 2012 @ 02:08

    Kalau saya mentinginnya sih tergantung. Dan saya lebih suka ama loyal visitor. πŸ™‚

    Balas Yoo

    kamaropini |

    iya, loyal is the best, yg agak butuh usaha, buat pengunjung jadi loyal itu. hehe.

    Balas Yoo

  11. aming | 57 Komentar + ♥♥♥
    February 22nd, 2012 @ 15:38

    salut mas untuk tulisannya…memang memiliki pengunjung setia jauh lebih memuaskan walau terkadang ada juga yang nyepam..
    πŸ˜†

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, bedanya mas, pengunjung setia itu gak mungkin banget setiap kita posting dia nyepam, kalau cuma nyepam biasanya dia pengunjung baru yg pengen “dilirik” hehe.

    Balas Yoo

  12. tomi | 103 Komentar + ♥♥♥
    February 23rd, 2012 @ 18:20

    saya keliatannya jg termasuk pengunjung setia blog mas jhezer.. lihat aja jumlah hati yg saya dapat :)) #Pameer πŸ˜€

    bener mas.. pengunjung setia harus kita pertahankan karena pasti akan balik lg. sedangkan pengunjung baru biasanya hanya bertahan sesaat(

    Balas Yoo

    JhezeR |

    wow mas tom yg pertamax dapat 4 hati nih.. pengunjung setia detected

    Balas Yoo

    kamaropini |

    haha, ketauan nih ye… pengunjung setianya siapa, ada detektor hati tuh mas, sampai 4. pangkat jendral. hehe. mas tomi nih.

    Balas Yoo

  13. cari tau aja | 4 Komentar +
    February 24th, 2012 @ 03:43

    saya setia juga ni ma mas jhezer…
    tp jhezernya ga stia ma saya…xixixi

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, ayo usaha terus biar mas jhezer melirik. πŸ˜€

    Balas Yoo

  14. Mas Arie | 1 Komentar +
    February 24th, 2012 @ 04:04

    salam kenal,,saya pengunjung baru Bos,,

    Balas Yoo

    kamaropini |

    ok bos. (siapa bosnya? hehe)

    Balas Yoo

  15. Grupiklan | 1 Komentar +
    February 26th, 2012 @ 10:08

    Bang masih ada acara tuker link g? Link blog abang udah saya pasang, makasih sebelumnya.

    Balas Yoo

  16. Jefry | 15 Komentar +
    February 28th, 2012 @ 06:06

    Kalau untuk membuat sebuah komunitas saya rasa pengunjung setia lebih menguntungkan karena mudah banget untuk di ajak menjadi sebuah komunitas khusus tapi tak menutup kemungkinan pengunjung baru akan dapat dengan mudha untuk di ajak kedalam komunitas kita

    Balas Yoo

  17. Anisa Herbal | 2 Komentar +
    February 28th, 2012 @ 16:39

    aku setuju pengunjung setia / loyal. biasanya mereka akan lebih tertarik tentang sesuatu yang baru di blog meskipun baginya agak kontra. misal orang gak minat sekali sama mlm, berhubung blog yang dia sukai membahas mlm akhirnya ia coba membuka diri mengetahui mlm seperti apa.. dan bisa jadi mereka akan lebih mudah diprovokasi untuk jadi member daripada pengunjung baru. salam.. πŸ™‚

    Balas Yoo

    kamaropini |

    wah, bener mas, pengunjung setia selalu melihat dari sudut pandang yang beragam.

    Balas Yoo

  18. MENONE | 2 Komentar +
    February 29th, 2012 @ 18:46

    paling senga klo sobat2 lama berkunjung kembali ke blog kita sobat hehehehehehe

    Balas Yoo

  19. Sholihin | 12 Komentar +
    March 1st, 2012 @ 09:12

    Pengunjung setia saya suka, tetapi saya lebih menyukai pengunjung baru yang datang dari search engine dan akhirnya menjadi pengunjung setia, itu menunjukkan kalo pengunjung tersebut memang benar-benar membutuhkan artikel yang kita bahas πŸ™‚

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, kalau begitu, harus terus membuat blog kita dikunjungi banyak orang ya. dengan berbagai cara, tapi usahakan yg benar caranya. πŸ˜€

    Balas Yoo

  20. Belajar Gitar | 3 Komentar +
    March 1st, 2012 @ 15:07

    Apapun tipe pengunjungnya, yang penting harus tetap dijamu dengan baik hehe… Artinya dengan content2 yang menarik dan saling tukar info tentang blogging.. Jadi semuanya akan saling memberi manfaat satu sama lain..

    Balas Yoo

  21. iskandaria | 16 Komentar +
    March 4th, 2012 @ 19:18

    Saya punya pendapat yang agak berbeda dari mayoritas yang sudah berkomentar di postingan tamu mas Hanif ini. Menurut saya sulit sekali membuktikan atau meneliti seberapa banyak persentase pengunjung setia. Kita juga tidak bisa hanya menerka dari jumlah komentar yang masuk, sebab jumlah komentar bagi saya tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai seberapa banyak pengunjung setia.

    Kembali lagi ke esensi ngeblog itu sendiri. Apakah ingin terus mengembangkan diri atau malah terbelenggu dengan hasrat untuk mempertahankan pengunjung setia? Kebetulan saya pernah menulis postingan berjudul “Kenapa Harus Takut Kehilangan Pembaca Blog Anda?”

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, berbeda tetap boleh mas, kalau saya sih, tetap mempertahankan pengunjung setia, selain yg telah dijabarkan diatas, dikarenakan ada rasa “puas” dalam diri jika berhasil membuat pembaca itu duduk, diam, baca, komentar. Jadi blog tidak hanya jadi ajang datang dan baca lalu hilang.

    tidak terbelenggu, soalnya itulah esensi blogging. kita blogging tidak sendiri. akan lebih ringan langkahnya jika bersama, karena esensi blogging juga menampilkan apa yg menjadi karya dalam bentuk, tulisan, gambar, vidio, yang akhirnya ingin ada yg melihat, dan ingin ada yg setia memperhatikan. hehe, mungkin itu maksud saya.

    Balas Yoo

  22. Nandini | 1 Komentar +
    March 5th, 2012 @ 08:52

    saya suka menulis karenanya saya membangun blog sendiri. saya suka membaca karenanya saya membeli buku-buku dan membacanya. saya suka menanggapi tulisan yang menarik karenanya saya berkomentar. saya suka punya banyak teman karenanya saya berkeliling dari satu blog ke blog lain. saya seringkali spechless, tidak tau mau berkomentar apa, karenanya saya hanya bisa jadi silent reader.. begitulah πŸ™‚

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, saya malah speechless nih mau komentarin apa. hem… mungkin mbak pengennya, ya apapun kegiatan diinternet itu, suka2 yg lagi akses gitu ya mbak? mau berkomentar, mau gak, mau punya komunitas, mau gak, mau tetep nulis atau gak juga terserah aja. semoga maksud saya tidak salah. πŸ™‚

    Balas Yoo

  23. Bunda Tina | 5 Komentar +
    March 6th, 2012 @ 14:03

    wah…..kalau blog saya masih baru nih…
    tapi masih pake gratisan, maklum masih newbie…

    salam ya buat penulisnya…

    Balas Yoo

  24. crazyhusband | 1 Komentar +
    March 7th, 2012 @ 19:08

    wow mantab yah hehe.. dulu waktu blog saya masih gratisan, saya punya komunitas blog sendiri yang tentunya tiap hari mantengin blog saya hingga blog saya rame walaupun postingannya ya gitu2 aja hehe.. tapi sekarang koq malah sepi ya? iaya lah wong saya nya aja malas buat wara wiri dan menciptakan komunitas blogger ini di blog saya πŸ˜€ tulisan yang mencerahkan mas.. makasih

    Balas Yoo

    JhezeR |

    blogwalking emg perlu mas, terlebih utk blog baru. mantap tuh komunitasnya dulu, ayoo dibangun lagi mas πŸ™‚

    Balas Yoo

  25. Faisal | 11 Komentar +
    March 9th, 2012 @ 19:18

    Lho mas Hanif toh yang nulis? hehehe Tulisannya bagus mas. Cuma ya itu agak sulit memang bagaimana cara mendeteksi seorang pengunjung adalah pengunjung setia blog kita, parameternya banyak. Kalo dari seberapa banyak komentar yang ditinggalkan agak sulit juga. Tapi bisa lah sedikit dijadikan patokan.

    Tapi yang enak emang pengunjung yang jadi “teman” kita. Jadi tetap berteman diluar blog, hehehehe

    Btw, hati saya udah ada berapa ya? πŸ˜†

    Balas Yoo

    kamaropini |

    hehe, jangan dipikir pusing mas, intinya, bagaimana caranya kita membuat pengunjung gak sekedar duduk, baca blog kita terus ditutup, tapi mengajak mereka ikut untuk diskusi, dan gak sekedar, “nice info ya” hehe.

    wah, 8 hati. sip deh. πŸ˜€

    Balas Yoo

    Faisal |

    Nah itu mas yang sulit, jadiin yang tadinya pengunjung jadi pelanggan. Tapi ya saya berusaha untuk coba ke arah situ. πŸ™‚

    Balas Yoo

  26. radang | 1 Komentar +
    April 18th, 2012 @ 18:16

    Setuju nih….hehehehe

    Balas Yoo

  27. creamsarioriginal.org | 2 Komentar +
    November 28th, 2015 @ 17:13

    saya pilih pengunjung setia

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...