Root » Info » Google Chrome OS

Google Chrome OS

Wakil presiden manajemen produk Google, Sundar Picahi menyatakan sistem operasi Chrome OS masih membutuhkan waktu setahun lagi untuk dirilis ke publik. “Target kami akhir tahun depan. Kami ingin menyediakannya pada musim liburan. Dengan Chrome OS, semua aplikasi adalah web application.”, ujar Pichai disaat yang sama juga mendemonstrasikan konsep Chrome OS dalam bentuk animasi dua dimensi di Mountain View, California, AS, Kamis (19/11).

Chrome OS merupakan sistem operasi yang dibangun dari platform web Chrome yang sudah dirilis Google. Sistem operasi ini didesain untuk mewujudkan secara penuh sistem konsep komputasi berbasis web sehingga semua layanan dapat saling terhubung baik diakses melalui PC, laptop, maupun perangkat mobile melalui internet. Karena didesain sebagai sistem operasi berbasis web, Google juga tidak berharap Chrome OS dijalankan di sebuah PC. Sistem operasi tersebut didesain untuk diinstalasi pada perangkat baru yang mirip netbook.

Jadi, Chrome OS tidak akan menjalankan aplikasi lokal seperti sistem operasi PC umumnya. Semua dokumen dan data juga disimpan di server internet. Karena semua aplikasi jalan di web, pengguna tak perlu memikirkan apakah aplikasi tersebut bisa dipercaya atau tidak. Setiap aplikasi dilengkapi sandbox (semacam kunci rahasia) yang unik sehingga menyulitkan malware menginfeksi komputer. Sistem operasi juga akan melakukan pengecekan dan pemulihan setiap kali reboot. Setiap operasi dioptimalkan dan dilakukan secara paralel. Mempercepat waktu booting salah satu targetnya dengan kombinasi spesifikasi hardware yang optimal. “Butuh waktu tujuh detik bagi Chrome OS untuk melakukan booting,” ujar Pichai. Soal kinerja aplikasi tak perlu khawatir karena berjalan di atas browser Chrome yang mendukung standar HTML5 dan mesin JavaScript yang diklaim saat ini sanggup melakukan eksekusi kode-kode Java hingga 39 kali Internet Explorer 8.

Meski belum mendemonstrasikan Chrome OS beta, Google telah merilis source code pengembangan sistem operasi terbarunya itu. “Mulai hari ini, kode tersebut dibuka penuh yang artinya pengembang-pengembang Google akan bekerja dengan jalur yang sama dengan para pengembang eksternal,” kata Matta Papakipos, direktur teknik Chrome OS. Source code Chrome OS dapat diunduh di website proyek Chromium OS untuk bagian code base, user interface, dan design documents. Rancangan-rancangan yang disertakan masih sketsa kasar dan Google berencana untuk terus melengkapinya sampai siap dirilis ke calon pengguna. Para pengembang software bahkan bisa memanfaatkan source code tersebut untuk membuat sistem operasi versinya sendiri.

Google menyatakan masih banyak hal yang harus disempurnakan dalam pengembangan Chrome OS sehingga keterlibatan komunitas open source akan bermanfaat besar. Ditekankan bahwa pengembangan Chrome OS juga akan terus bekerja sama dengan proyek-proyek open source lainnya seperti GNU, Linux Kernel, Moblin, Ubuntu, dan Webkit.

Twitter

JhezeR

Engineer | Blogger | Pencari Ilmu | Internet Maniak | Pemburu Kesuk$e$an | Penikmat Musik, Film & Pertandingan | Interisti | Muser

telah mempunyai 236 Tulisan di JhezeR.com

Info » » »
Google Chrome OS Reviewed by JhezeR on . Sebuah Tulisan tentang Google Chrome OS @JhezeR.com

Wakil presiden manajemen produk Google, Sundar Picahi menyatakan sistem operasi Chrome OS masih membutuhkan waktu setahun lagi untuk dirilis ke publik. “Target kami akhir tahun depan. Kami ingin menyediakannya pada musim liburan. Dengan Chrome OS, semua aplikasi adalah web application.”, ujar Pichai disaat yang sama juga mendemonstrasikan konsep Chrome OS dalam bentuk animasi dua dimensi

Rating: 5

0 Komentar "Google Chrome OS"

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...