Root » Info » Facebook Sekarang Jadi Tempat Jualan Ya?

Facebook Sekarang Jadi Tempat Jualan Ya?

Wah maaf,Β  jadi jarang nulis disini lagi. πŸ™‚ Tapi kali ini bakal nulis kok. Terima Kasih buat mas JhezeR masih menyediakan tempat untuk menulis. Hehe

Lihat judulnya ? Bagaimana perasaanmu ? Nyesek atau senang ? Bagi yang awam soal bisnis, jualan, dropshipping, reseller, affiliasi, pasti jengkel dengan facebook sekarang ini. Mengapa? Ya jelas saja. Facebook sekarang ini tidak lebih hanyalah wahana bagi tempat jualan.

Coba list sekarang, berapa temanmu yang hari-harinya jualan di facebook? Hayo… Pasti ada lebih dari 1-2 orang kan… Lalu apakah hal itu salah ?

jualan di facebook

Dalam artikel ini, saya tidak akan membuat opini salah ataupun opini benar. Hanya saja mengulas bagaimana perubahan social media yaitu Facebook dari arah komunitas sosial menjadi komunitas jual beli. Memang tidak sevulgar toko bagus ataupun kaskus, tapi sangat terasa jelasnya.

Sebelum facebook masuk dalam dunia bursa saham bebas di Amerika Serikat atau lebih dikenal dengan IPO, facebook masih berupa social media yang digemari masyarakat Indonesia. Setidaknya Indonesia menempati urutan ke 5 waktu itu, sekitar tahun 2010 kalau tidak salah dalam hal pengguna facebook paling banyak.

Lalu setelah masuk bursa saham, perubahan facebook mulai terasa. Dari tampilan, kemudian dari kebijakan untuk menyebarkan link, banyak kebijakan yang serasa begitu mengekang. Bahkan kebijakan baru itu yang paling terasa adalah banyaknya IKLAN bertebaran baik dari segi GAME di facebook, TIMELINE, dan lainnya membuat pengguna facebook di Indonesia berkurang secara perlahan.

Jika anda sadar, inilah beberapa lokasi di facebook yang sering diserang beberapa orang yang sedang berjualan.

1. Fanspage

Jika anda sadar, sekarang banyak fanspage di jual belikan. Di forum kaskus, fanspage dijual belikan. Setidaknya hal itu benar nyata apa adanya. Tidak lagi sekedar jual beli status di fanspage, tapi berpindah tangannya fanspage itu yang kini terjadi.

2. Profil

Jika anda sadar juga, profil pertemanan yang sudah sampai angka maksimal 5000 pertemanan juga mulai diperjual belikan. Intinya satu, si pembeli profil mengharapkan calon potensial untuk membeli produknya alih-alih yang menjual produk tersebut adalah temannya sendiri.

3. Group

Ini yang cukup parah! Banyak pengguna internet marketer yang tahu betuh bahwa grup adalah potensial terbesar dalam hal penjualan produk di facebook daripada melalui chat ataupun timeline dan wall to wall. Kenapa? Grup sendiri berarti adalah wahana untuk diskusi.

Jika cerdas, anda akan memasuki grup manapun yang tidak lepas dari proses penjualan. Bahkan banyaknya SPAMING tidak lagi di fanspage, tapi juga di Grup. Alih-alih kita menonaktifkan notifikasi grup, kita malah khawatir tertinggal info penting dari grup.

Bagaimana ? Anda sadar sekarang apa fungsi facebook ? Jika iya, dan ingin mencobanya, silahkan gunakan facebook sebagai sarana jual beli.

Saya pun menggunakannya namun baru bisa menjaring pembeli setidaknya bussiness to bussiness, saya tawarkan jasa menulis di komunitas blogger yang ada di GRUP yang saya ikuti. Walau tak selalu berhasil, jika berhasil, cukuplah dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000 setiap jasa yang bisa saya raih dalam waktu 1 minggu. Padahal itu tidak saya seriusi loh. Bagaimana kalau diseriusi ? Hehe.

Ada yang punya pengalaman serupa ? Mendapati tempat-tempat di Facebook sudah menjadi ladang bisnis ? Atau malah anda menutup akun facebook anda karena bosan dengan segala macam promosi yang ada disana ? πŸ™‚

Twitter

Hanif Ilham Mahaldi

Seorang Blogger dengan spesialis content writer, penulis lepas yang masih cari-cari client, seorang yang lebih gemar menulis, cari ide, dibandingkan dengan mainan coding, internet marketer with twitter specialist, kalau mau tahu tentang saya, cek lagi aja ke blog saya. :)

telah mempunyai 9 Tulisan di JhezeR.com

Info » » » ketika facebook hanya jadi tempat jualan Β» menjual artikel Β» Menjual tulisan di internet Β»
Facebook Sekarang Jadi Tempat Jualan Ya? Reviewed by Hanif Ilham Mahaldi on . Sebuah Tulisan tentang Facebook Sekarang Jadi Tempat Jualan Ya? @JhezeR.com

Wah maaf,Β  jadi jarang nulis disini lagi. πŸ™‚ Tapi kali ini bakal nulis kok. Terima Kasih buat mas JhezeR masih menyediakan tempat untuk menulis. Hehe Lihat judulnya ? Bagaimana perasaanmu ? Nyesek atau senang ? Bagi yang awam soal bisnis, jualan, dropshipping, reseller, affiliasi, pasti jengkel dengan facebook sekarang ini. Mengapa? Ya jelas saja. Facebook

Rating: 4

21 Komentar "Facebook Sekarang Jadi Tempat Jualan Ya?"


  1. Jefry | 11 Komentar +
    March 14th, 2013 @ 18:22

    saya juga mengikuti bermacam group di facebook dan bahkan dapat pelanggan darinya…
    kalau di maksimalkan, pendapatan dari hasil promosi di facebook bisa jadi mengalahkan google πŸ™‚

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    iya, yang tahu bisnis online sih menganggapnya sebagai keuntungan yg baik, tapi bagi yg tidak, ya menyebalkan saja. Soalnya tiap hari ada aja promosi. hehe.

    Balas Yoo

  2. adhani | 2 Komentar +
    March 20th, 2013 @ 10:13

    bagi saya kalau ada yang promosi di fanspage atau di grup, ga masalah mas selama itu wajar, dan bisa saya unfollow (nonaktifkan sementara) status updatenya sewaktu2.

    yang ga bisa diapa2in itu fb ads mas, ga bisa di hilangin, muncul di setiap halaman fb yang kita buka

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    bisa kok, pakai mozilla, instal add on “adblock” saya pakai itu untuk menghilangkan facebook ads.

    Balas Yoo

    adhani |

    oiya, benar juga, adblock saya ternyata dari dulu ga aktif

    Balas Yoo

  3. Aming | 57 Komentar + ♥♥♥
    March 20th, 2013 @ 11:00

    yup…facebook memang kini menjadi ladang bisnis gan, saya juga buat page lapak breket box kucay, tapi saya belum sempet menganalisa kekuatan pengunjung antara facebook pages dengan google, contohnya blog gratisan saya yg di WP, walau isinya jarang di update tp pengunjungnya bisa dibilang lumayan lah,

    kira2 menurut bang hanif bagaimana? mana yg lebih mendatangkan pengunjung diantara jejaring sosial yg bang hanif sebutkan diatas, FB, Groups atau sebuah blog?

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    Tergantung ahlinya dimana mas. πŸ™‚ tapi kalau mau konversinya cepat, pakai facebook. Selain grup facebook bisa dibuat jualan, bisa pakai facebook ads untuk lebih meluaskan penjualan.

    Balas Yoo

  4. Teknologi Terbaru | 1 Komentar +
    March 21st, 2013 @ 14:47

    wkwkwkw..
    bener banget..
    diberandaku juga banyak banget yang jualan..
    ada juga yang tidak segan2 untuk ngetag..
    :))

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    yups, itu salah satu bentuk promosi, hati2 aja sudah banyak yg melaporkan ke SPAM kalau ada tag-tagan gak jelas kayak gitu.haha. πŸ˜€

    Balas Yoo

  5. Darin | 18 Komentar +
    March 22nd, 2013 @ 18:35

    Iya banget nih mas. Ternyata begitu toh jalan ceritanya?
    Perasaan pas awal2 main fesbuk itu asyik2 aja, paling cuma invite2 game aja yg ngeselin. Eeh sekarang mulai banyak yg manfaatin untuk jualan -_-‘
    Sebenernya gapapa sih, asal tau etika alias jualan ngerti bagaimana caranya jualan. Tapi kenyataannya memang parah, saya sampai menon-aktifkan semua invite dan tag, kalau perlu block deh.
    Facebook kini bagi saya hanya untuk ajang kumpul di grup, karena lebih banyak meluangkan waktu interaksi di Twitter.

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    iya, soalnya social media itu kan fungsi dasarnya bersosial melalui media. sedangkan bisnis bukan bentuk sosial. karena bentuk jual beli. kalau fungsinya sudah banyak menyalah artikan ya wajar menjadi hal yang sulit kedepannya membangun komunikasi.

    sama, biasanya sih, di leave group aja atau un-like aja. πŸ˜€

    Balas Yoo

  6. hybrid car | 16 Komentar +
    March 22nd, 2013 @ 19:17

    kalau ini saya tahu sudah cukup lama mas. tapi memang tidak se-booming sekarang. πŸ™‚

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    iya, sekarang booming banget, malah kebanyakan.

    Balas Yoo

  7. Leo Ari Wibowo | 5 Komentar +
    March 24th, 2013 @ 17:52

    Un-friend, un-fan, sama keluar dari grup yang banyak jualannya atau spam mungkin hanya satu-satunya solusi buat user mas.

    Tapi karena FB sendiri penggunanya banyak dan sudah IPO, jadi suka gak suka, banyak iklan (resmi atau tidak) di FB adalah hal yang wajar.

    Balas Yoo

    Hanif Ilham Mahaldi |

    iya, maka dari itu, kadang banyak orang yg tidak mengerti etika berjualan di social media. Jadinya ya begitu deh mas leo, banyak spaming, banyak yang gak jelas, dll. hehe.

    Balas Yoo

  8. situsbelanjaku | 1 Komentar +
    March 25th, 2013 @ 22:22

    namanya juga pemanfaatan teknologi..

    Balas Yoo

  9. Obat Aritmia Jantung | 4 Komentar +
    April 5th, 2013 @ 10:00

    ya,,, bener banget promosi buat jualan banyak banget di facebook karena banyaknya orang yang ada difacebook ini sangat menjunjang buat nyebarin jualan kita… like deh dibagiin deh jadi pada tau deh…

    Balas Yoo

  10. ibnu ch | 3 Komentar +
    April 18th, 2013 @ 04:01

    iya kadang agak sebel sih liat yang kaya gitu, maklum belum punya bisnis ,,he eeh

    Balas Yoo

  11. caramembikin | 4 Komentar +
    May 20th, 2013 @ 09:00

    yang terpenting tidak merugikan orang gan……posting tersu gan

    Balas Yoo

  12. Mr. B | 1 Komentar +
    June 11th, 2013 @ 21:08

    Itu namanya orang yang memanfaatkan media dunia maya hampir maksimal, kalau ditanya kenapa ??? ya jalas dia bisa menambah pundi pundi rupiahnya dengan itu πŸ™‚

    Balas Yoo

  13. Advan Vandroid | 1 Komentar +
    June 27th, 2014 @ 11:51

    sip bener banget, banyak banget tuh temen – temen di facebook pada jualan. alasannya ga bisa bikin blog, selain itu katanya juga mudah karean udah banyak temen dan skalian update status gitu .hehehee aq malah bingung sendiri. terimakasih

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...