Root » Blogging » Bagaimana Saya Mendapatkan Pagerank 2 Dalam Kurang Dari 2 Bulan

Bagaimana Saya Mendapatkan Pagerank 2 Dalam Kurang Dari 2 Bulan

Saya membuat blog baru sekitar 2 bulan lalu. Tepatnya pada bulan Maret, tanggal 10. Dan minggu kemarin, saya mendapatkan pagerank 2.

Padahal dengan adanya Google Pinguin dan Panda, banyak blog lain dihajar. Google pinguin secara algoritma ditujukan untuk blog spam, biasanya targetnya blog yang memiliki link scheme yang tidak alami.

Karena itu beberapa blogger, apalagi yang baru ngeblog saya tahu akan kesulitan mencapainya. Dan di sini saya ingin menunjukkan cara saya. Cara ini terbukti masih bekerja walau pun adanya Pinguin.

Perencanaan

Awalnya saya merencanakan blog itu: Pengunjungblog.com untuk membantu para blogger mendapatkan pengunjung blog. Saya cukup menguasai di bidang tersebut.

Saya merencakan posting-posting yang akan saya buat. Tidak seluruhnya, hanya 10 posting awal. Yang saya persiapkan sebelum membuka blog itu untuk umum.

Jadi kunci awal di sini hanya menentukan topik blog (include dengan kata kunci utama yang saya target) dan 10 posting awal. Jika Anda tidak tahu cara mencari kata kunci, lihat video ini di youtube.

Mencari Variasi Kata Kunci

Setelah merencanakan topik blog dan kata kunci utama. Saya mencari variasi kata kunci untuk kata kunci utama itu.

Ini berguna untuk membuat konten blog selanjutnya dan membuat anchor text. Sehingga anchor text yang mengarah ke blog saya bervariasi, dan dilihat lebih alami oleh Google.

Menulis Konten Blog Rata-Rata Panjang

Saya tidak ingin mengatakan bahwa konten yang panjang lebih bagus di Google. Saya hanya ingin mengatakan bahwa dengan konten panjang Anda bisa memasukkan lebih banyak variasi kata kunci.

Dan tentu dengan konten panjang Anda bisa menjelaskan kepada pembaca blog Anda lebih mendetail. Sehingga mereka suka datang kembali ke blog Anda.

Itulah kuncinya.

Saya menulis artikel konten saya di kisaran 450-900 kata. Tidak terlalu panjang, tetapi tidak terlalu pendek. Ini hanya rata-rata.

Backlinking

Nah, ini lah strategi terakhir yang saya buat. Pagerank sejatinya mengukur dari kualitas dan kuantitas backlinks yang Anda miliki.

Sejatinya, saya mendapatkan backlinks dari cara Guest Posting, Social Media, dan mensubmit konten saya di Lintas.me.

Tetapi secara garis besar saya menggunakan cara Guest Posting di beberapa blog besar di Indonesia. saya mengirimkan artikel kepada mereka, dan menaruh link ke blog saya tersebut.

Saya menggunakan variasi kata kunci yang saya temukan dari cara yang saya paparkan di video tutorial di atas. Diselingi dengan anchor text klik di sini, dan baca selengkapnya. Agar lebih bervariasi.

Ketika saya membangun backlinks, saya lebih suka menggunakan deep linking (link yang mengarah ke single page โ€“bukan halaman home). Menurut eBook yang saya baca, ini lebih bagus pengaruhnya terhadap search engine optimization.

Jadi begitulah cara saya mendapatkan pagerank 2 dalam kurang dari 2 bulan saja. jika ada pertanyaan Anda bisa mempelajarinya di halaman blog saya : tips SEO.

Twitter

Syaiful Bahri

Seorang part time blogger dan Konsultan Website Traffic. Anda bisa mengenalnya lebih lanjut dan melihat bagaimana dia membantu klien-nya membangun lalu lintas blog yang tinggi di Pengunjung Blog.

telah mempunyai 4 Tulisan di JhezeR.com

Blogging » » » » »
Bagaimana Saya Mendapatkan Pagerank 2 Dalam Kurang Dari 2 Bulan Reviewed by Syaiful Bahri on . Sebuah Tulisan tentang Bagaimana Saya Mendapatkan Pagerank 2 Dalam Kurang Dari 2 Bulan @JhezeR.com

Saya membuat blog baru sekitar 2 bulan lalu. Tepatnya pada bulan Maret, tanggal 10. Dan minggu kemarin, saya mendapatkan pagerank 2. Padahal dengan adanya Google Pinguin dan Panda, banyak blog lain dihajar. Google pinguin secara algoritma ditujukan untuk blog spam, biasanya targetnya blog yang memiliki link scheme yang tidak alami. Karena itu beberapa blogger, apalagi

Rating: 5

87 Komentar "Bagaimana Saya Mendapatkan Pagerank 2 Dalam Kurang Dari 2 Bulan"


  1. Hanif Mahaldi | 90 Komentar + ♥♥♥
    May 13th, 2012 @ 09:14

    sip, bener banget, artikel saya pun setidaknya harus lebih dari 500 kata tapi tidak lebih sampai 1000 sehingga pembahasan bisa lebih menarik, kata kunci lebih banyak, dan juga lebih kokoh di SERP namun pagerank tetap rahasia google, sampai detik ini belum naik walau sudah ada PR nya.

    Balas Yoo

    Syaiful |

    yup, terima kasih Mas Hanif… yup kalau algoritmanya mmang rahasia, tapi mungkin jika mendapatkan backlink bagus, pagerank kita naik..

    Balas Yoo

    Usaha rumahan |

    Ilmunya mantap mas… ๐Ÿ™‚

    Balas Yoo

  2. Twicius | 3 Komentar +
    May 13th, 2012 @ 09:24

    wah, saya salut kepada anda, saya rasa cara anda cukup layak untuk di coba, mungkin ini sangat berguna untuk blogger pemula seperti saya, terima kasih telah berbagi informasi yang bermanfaat ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

  3. Jefry | 15 Komentar +
    May 13th, 2012 @ 16:07

    Wah hebat ni Mas, dari update februari kemarin sampai update Mei ini nilai PR blog saya masih tetap dan ini masih saya syukuri dari pada turun..

    Balas Yoo

  4. Reyzha | 2 Komentar +
    May 14th, 2012 @ 02:10

    Dulu saya mendapat PR 3 dengan optimasi hanya pada pagespeed saja selama 2 Minggu dan mulai Blogging belum 2 Bulan. Namun karena eksperimen yang salah baru-baru ini merosot ke PR 2 ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

  5. Leo Ari Wibowo | 5 Komentar +
    May 14th, 2012 @ 19:19

    Tips yang bagus mas. Tips seperti ini yang banyak dicari blogger.

    Tapi saya mau komentar tentang “Menulis Konten Blog Rata-Rata Panjang”. Tanpa konten berbentuk tulisan, misal hanya gambar atau video saja, kita juga bisa mendapatkan pagerank. Yang penting adalah link (Di sini mas menyebutnya Backlinks)

    Dan berbicara tentang backlinks, saya baca di artikel atas, mas lebih banyak berbicara tentang Inbound links. Walaupun saya setuju 100% kalau Inbound links berperan penting untuk mendapatkan pagerank, tapi itu bukan satu-satunya jalan. Masih ada satu lagi yang belum disebut, yaitu Outbound links alias link dari blog kita menuju ke situs/blog lain (biasanya untuk memberikan informasi tambahan/pendukung atas artikel yang ditulis. tujuannya untuk memberi informasi lebih kepada pembaca). Tapi dengan catatan, outbound linknya menuju ke situs/blog yang kompeten dan relevan. Kan Google senang memberi “hadiah” bagi blog/situs yang informatif (bahkan meskipun informasinya diberikan dalam bentuk link ke situs/blog lain).

    Dan…. sudah ah. Walau masih banyak yang ingin saya tulis, tapi komentarnya malah jadi panjang. Malah kaya nulis artikel. Saya tulis di blog saya saja dah ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

  6. NativeHacker | 6 Komentar +
    May 14th, 2012 @ 19:50

    wuih cepat banget……. hit per harinya brapa tuh gan?

    Balas Yoo

  7. ary arrega | 4 Komentar +
    May 14th, 2012 @ 23:02

    semoga blog baru saya bisa secepat blog anda mas ,amienn hehe

    Balas Yoo

  8. andipandora | 11 Komentar +
    May 15th, 2012 @ 12:10

    2 bulan dapet pagerank 2..hebat sob, sehari berapa pengunjung tuh?

    Balas Yoo

  9. Randeezt | 3 Komentar +
    May 15th, 2012 @ 12:41

    Bagus untuk ditiru tuh rencananya, saya perlu 3 bulan buat dapet PR 2…

    Balas Yoo

  10. aming | 57 Komentar + ♥♥♥
    May 16th, 2012 @ 15:51

    salut gan, perlu belajar banyak nih utk blog baru saya

    Balas Yoo

  11. mas-tony | 2 Komentar +
    May 16th, 2012 @ 19:03

    saya udah setahun lebih blog tetep ber pr rendah, salut dah buat blog nya

    Balas Yoo

  12. nonaedda | 5 Komentar +
    May 17th, 2012 @ 10:25

    mantep euy,,
    SEO nya mantep nih ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

    Red |

    iya da, masbro ini memang superb!

    Balas Yoo

  13. mang Ino | 1 Komentar +
    May 17th, 2012 @ 21:33

    wow keren kali tuh uda, ambo butuh 3 bulan baru berhasil. keep share uda

    Balas Yoo

    GIA |

    wew..!!!! baru 3 bulan udah dapet PR. Saya baru 6 bulan baru dapet PR 1 ๐Ÿ™ …. Mungkin PR saya lama naiknya di sebabkan oleh sering gonta-ganti themes ..!!!!

    Balas Yoo

  14. Hybrid car | 16 Komentar +
    May 19th, 2012 @ 10:58

    Ijin nyimak ilmunya bos. ๐Ÿ™‚

    Balas Yoo

  15. Jaka | 11 Komentar +
    May 20th, 2012 @ 20:21

    ternyata itu blognya akang ya?? ๐Ÿ˜€
    kok saya dapat rssnya sih?? ๐Ÿ˜ฎ
    padahal perasaan belum subscribe looh

    Balas Yoo

  16. Ikhsan A | 1 Komentar +
    May 20th, 2012 @ 21:07

    Wuih! Canggih om Jhezer!

    Balas Yoo

  17. NativeHacker | 6 Komentar +
    May 21st, 2012 @ 02:42

    sekedar berbagi http://nativehacker.com/ online 8 April kemarin. Nah pas iseng ngecek tadi udah dpt PR 1 :D.

    berarti baru 34 hari lgs dpt Pagerank. Google ini agak aneh…tpi sya rasa ini cuma faktor backlink dan relevansi.

    Balas Yoo

    Syaiful |

    Mungkin Mas.

    Balas Yoo

  18. Lalebata | 1 Komentar +
    May 21st, 2012 @ 13:20

    Salam kenal mas,. mohon bimbingannya mengenai seo.
    kurang dari dua bulan langsung dapet PR 2, saya rasa juga faktor waktu gugle apdet pr. Seandainya umpama 4 bulan kedepan baru gugel apdet pr, tentu 4 bulan juga baru bisa ber pr.

    Balas Yoo

    Syaiful |

    Lalebata, sebenarnya Google update PR tidak saya tahu..tetapi saya rasa opini Lalebata ada benarnya…tapi mungkin, meski pun begitu blog saya yang lain tidak naik (Bahasa Inggris)…

    Balas Yoo

    NativeHacker |

    katanya sih (katanya lho)…
    Google PR itu sbnarnya puny 2 timing update..minor & mayor…SEO saat ini cma mengajari soal algoritma PR Mayor.
    Update mayor per beberapa bulan, update minor bisa kapan saja.
    update minor itu algoritmanya lbh rumit lagi. KATANYA, web2 dgn kenaikan PR pada update minor itu mndpt perhatian khusus dri google. Logikanya tidak ada algoritma pantas utk mengecek kualitas sebuah blog, dan susah utk menghapus PR untuk menjaga keseimbangan Publisher dan Advertizer di Google maka google mempersiapkan algoritma pada update minor ini sebagai cikal bakal pengukur kualitas web di masa depan….

    Balas Yoo

  19. m-amin | 4 Komentar +
    May 22nd, 2012 @ 14:58

    Sebuah trik yang perlu di contoh mas, hebat dech……

    Balas Yoo

  20. herni | 1 Komentar +
    May 22nd, 2012 @ 21:39

    aduh, saya butuh 8 bulan baru dapet PR 5 mas. Ini cuma 2 bulam.. ckckckck

    Balas Yoo

  21. Andank | 27 Komentar + ♥♥
    May 22nd, 2012 @ 22:45

    yang penting ngeblog wae lah ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

  22. BuatPemula.Com | 2 Komentar +
    May 24th, 2012 @ 16:14

    kadang2 nulisnya ini yg ga sempet mas jhezer ๐Ÿ™

    Balas Yoo

  23. DikMa | 3 Komentar +
    May 25th, 2012 @ 07:06

    hebat mas, patuh di coba nih tips

    Balas Yoo

    Azhar Amicus |

    Good luck yaaa

    Balas Yoo

  24. Azhar Amicus | 2 Komentar +
    May 25th, 2012 @ 11:46

    Very good, always good luck ya smua…
    www.azharamicus.com

    Balas Yoo

  25. tomi | 103 Komentar + ♥♥♥
    May 26th, 2012 @ 15:08

    btw itu blognya mas jhezer yg pengunjungblog.com?
    wahh kereen mas

    Balas Yoo

    Muflich Kamil |

    ini tulisan tamu nya mas saiful bahri, om ! ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

  26. RK | 1 Komentar +
    May 27th, 2012 @ 04:28

    ijin nyimak dulu gannn..

    Balas Yoo

  27. Darin | 18 Komentar +
    May 27th, 2012 @ 20:54

    Keren ๐Ÿ˜€
    Untuk blog2 khusus monetasi, pagerank memang sangat krusial. Tapi bagi blog2 personal, itu bukan sesuatu yg harus diperhatikan. Yah, kembali pada motif ngeblog masing2 individu.

    Balas Yoo

  28. Mpad | 1 Komentar +
    May 28th, 2012 @ 21:04

    Kalo blog baru biasanya perbanyak aja postingan dan comment, ntar si google sedikit suka

    Balas Yoo

  29. Andri | 1 Komentar +
    May 31st, 2012 @ 09:54

    wah, patut ditiru jejak mas jhezer neh…

    Balas Yoo

  30. andre | 32 Komentar + ♥♥
    May 31st, 2012 @ 20:36

    makasi tipsnya bagi mas Saiful. langsung praktek dah.

    Balas Yoo

  31. Andhika Diskartes | 1 Komentar +
    May 31st, 2012 @ 22:34

    terima kasih mas buat sarannya,,saya coba ya..mohon bantuannya Mas

    Balas Yoo

  32. FIBERTIC.com | 2 Komentar +
    June 2nd, 2012 @ 17:03

    Kunjungan perdana. Aku takut pada Google Panda dan Pinguin. Apa backlink instant itu bisa kena juga mas.

    Balas Yoo

  33. Rojak is Reza | 1 Komentar +
    June 3rd, 2012 @ 11:09

    wih hebat hanya 2 bulan bisa PR 2, saya kapan ya dapet PR ๐Ÿ™

    Balas Yoo

  34. html1155 | 57 Komentar + ♥♥♥
    June 4th, 2012 @ 10:35

    empat jempol…perlu di tiru nih tipsnya..
    thanks

    Balas Yoo

  35. jay boana | 1 Komentar +
    June 5th, 2012 @ 10:32

    saya juga dapet 2 dalam kurang waktu 2 bulan om, tapi itu karena bekas pindahan sih bukan teknik seo hehe, thx infonya om salam kenal yah/

    Balas Yoo

  36. fujimart | 1 Komentar +
    June 5th, 2012 @ 16:29

    Wow…amazing mastah satu ini, perlu ditiru dan share nya kita juga ok.Dalam 2 bulan bahkan kurang PR didapat, work hard, succes now. Congrat…

    Balas Yoo

  37. FIBERTIC | 2 Komentar +
    June 6th, 2012 @ 07:25

    Tukar link gan.

    Balas Yoo

  38. Ade Arwans | 1 Komentar +
    June 6th, 2012 @ 07:46

    Menggunakan backlink cukup efektif guna SEO untuk target PAGERANK.
    itu pernah saya dapatkan di blog saya dulu.

    Salam kenal..:)

    Balas Yoo

  39. Tukang-Copas | 1 Komentar +
    June 6th, 2012 @ 19:25

    wow,, nice tips..
    mesti di coba nih trik nya..
    Salam Kenal ya … \:]/

    Balas Yoo

  40. Bayu | 1 Komentar +
    June 6th, 2012 @ 23:20

    blog sy pagerank nya masih NOL, syukur2 udah terbaca di search engin google,.. yang penting posting terus aja dah.. selanjutnya urusan om google,.. ๐Ÿ™‚

    Balas Yoo

  41. Diary online | 1 Komentar +
    June 14th, 2012 @ 11:52

    Wah Kern Sekali Atikel Nya Sangat Bermanfaat,Untuk Motivasi Sesama Blogger

    Balas Yoo

  42. Reza Natadipura | 47 Komentar + ♥♥
    June 18th, 2012 @ 06:51

    Wah, mantab nih! perlu dicoba, tp yg saya ko ga naek2 ya om? hhe.. Berarti keenakan yang buat kontes SEO dong ya.. hhe ๐Ÿ˜€
    Backlinknya dimana-mana..

    Balas Yoo

  43. Roelly R | 1 Komentar +
    June 18th, 2012 @ 16:44

    makasih atas saran@x, mhn kunjungi gubug blog kami dan saran dan pendapat anda sangat kami butuhkan untuk memperbaiki dan meningkatkan page rank kamii, trims saudara

    Balas Yoo

  44. Aryo Seno | 9 Komentar +
    June 21st, 2012 @ 20:31

    lngsung mencoba mas….

    Balas Yoo

  45. June 26th, 2012 @ 03:51

    […] Untuk membuat Anda gampang memahami cara ini, Anda bisa melihat guest posting saya di Jhezer. Bandingkan link yang saya tanam di artikel ini dan tulisan ini. […]

  46. blogmagis | 1 Komentar +
    June 29th, 2012 @ 14:48

    saya tidak terlalu memikirkan lagi soal pagerank. pagerank is freaky! saya hanya fokus pada trafik, social network, dan influence pada pembaca blog saya.

    Balas Yoo

  47. serum vit c | 1 Komentar +
    July 5th, 2012 @ 01:44

    wah keren.. 2 bulan dapet pr 2.. blog punyaku 2 bulan dapet pr 1.. n sampe sekarang ternyata masih utuh gak berubah.. LOL

    Balas Yoo

  48. Cafe Motivasi | 1 Komentar +
    July 6th, 2012 @ 09:09

    Informasi yang sangat bermanfaat, semoag jher.com makin sukses dan bisa memberikan terus berbagai untuk Indonesia

    Balas Yoo

  49. Umbul | 2 Komentar +
    July 9th, 2012 @ 08:21

    wow,,,simpel padat,,,bermanfaat.
    hmm sayangnya sampai saat ini saya belum memberanikan diri untuk yang guess post…”patut dicoba”

    thanks,
    umbul

    Balas Yoo

  50. forum bola | 1 Komentar +
    July 11th, 2012 @ 14:09

    kok forum gw dah lama banget gk dapet2 page rank ya mas bro. apa karena forum jadinnya susah..

    Balas Yoo

  51. Reza Natadipura | 47 Komentar + ♥♥
    July 14th, 2012 @ 21:59

    Waduh, saya harus banyak bljr nih.. udh d cb, tp ttp aja blog saya PR nya ga naek2.. *mohon petunjuk para ahli.. ๐Ÿ™‚

    Balas Yoo

  52. Dayat | 1 Komentar +
    July 19th, 2012 @ 16:42

    Wah mantab… dari dulu, blogku PR ny masih 0 Jendol… wekeke… makasih tipsny om

    Balas Yoo

  53. hariestelle | 1 Komentar +
    July 20th, 2012 @ 08:39

    meski blognye masih baru tapi kemampuan anda kan sudah diktakan mahir bos,.lha kalo masi baby sperti saya yg otak nya pas passan masih sulit bwt memahaminya taoook.,hehe

    Balas Yoo

  54. Unik News | 1 Komentar +
    August 6th, 2012 @ 21:57

    wah mantap mas bro, saya dapet PR2 padahal umurnya masih kurang dari sebulan

    Balas Yoo

  55. Yusron Krista | 1 Komentar +
    August 11th, 2012 @ 22:57

    yang penting aktif saja deh mas sekalian nunggu nasib ๐Ÿ™‚ tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana google memberi pr .

    Balas Yoo

  56. Reza Natadipura | 47 Komentar + ♥♥
    August 27th, 2012 @ 05:35

    udah beberapa bln dari komen disini, masih blm naik PR-nya.. hadoooohh (-___-‘)

    Balas Yoo

  57. outbound di puncak | 1 Komentar +
    October 31st, 2012 @ 08:51

    semua jerih payah pasti ada hasilnya sob
    tetap semangat

    Balas Yoo

  58. FAEDAH JAYA | 1 Komentar +
    November 8th, 2012 @ 05:14

    Masih bingung juga ya mendapat PageRank,, Entah apa ya yang paling berpengaruh mendapatkan PageRank, Saya pernah lihat blog nya blm dapat Alexa Rank dan backlinknya cuma 8 itu sudah/bisa mendapatkan PageRank 2 dan blog nya pun sederhana banget.. Kira2 apa ya teman2 yang sangat berpengaruh untuk PageRank.. Mohon ilmunya..

    Balas Yoo

  59. Lutfi blogs | 1 Komentar +
    February 5th, 2013 @ 08:54

    mantap ni gan..
    makasih.. ๐Ÿ˜‰

    Balas Yoo

  60. bisnis online | 1 Komentar +
    February 17th, 2013 @ 18:14

    hebat bener, baru 2 bulan pagerank udah nyampe 2.

    Balas Yoo

  61. Clicklifes News | 1 Komentar +
    February 25th, 2013 @ 22:29

    ane baru 1 bulan mas, mudah2an dapet pagerank 2 dalam waktu 2-3 bulan hehehe
    ane masih newbie ketambah males bikin postingan..hahaha
    btw artikel nya bermanfaat gan…

    Balas Yoo

  62. joko | 2 Komentar +
    April 18th, 2013 @ 11:11

    pr berapapun yg penting blog laku dijual tinggi ๐Ÿ˜€

    Balas Yoo

  63. setya | 1 Komentar +
    May 14th, 2013 @ 15:15

    kurang dari 2 bulan langsung dapat PR 2 .perlu nyimak dalem-dalem nie..

    Balas Yoo

  64. Digital Camera | 1 Komentar +
    July 16th, 2013 @ 13:20

    nicee…perlu nyimak iniih..saya jg baru newbie..mohon bimbingannya gan ๐Ÿ˜€ salam ๐Ÿ™‚

    Balas Yoo

  65. Laura Basuki Hot | 2 Komentar +
    August 11th, 2013 @ 09:33

    info yang bermanfaat

    Balas Yoo

  66. zeifhend | 1 Komentar +
    November 26th, 2013 @ 03:14

    oh gitu yah caranya. thx tips nya…

    Balas Yoo

  67. Wahyu Blahe | 1 Komentar +
    June 18th, 2014 @ 22:43

    Ini dia tips bermantaaf, makasih ya om..

    Balas Yoo

  68. kirim naskah | 1 Komentar +
    October 14th, 2014 @ 18:29

    walah kok caranya simpel banget ya mas..?
    saya pake senuke aja ampe jera nggak bisa dapet PR 2..
    salah optimasi kali ya..he
    oh iya mas…dishare sekalian dong guest posting diblog besarnya seperti dimana aja dilistkan…
    atau email ke saya di abulhajar@gmail.com
    trims

    Balas Yoo

  69. kizeh | 1 Komentar +
    December 14th, 2014 @ 12:41

    Memang tepat dan perlu apa yang anda katakan , bagus artikelnya , apalagi dengan membuat artikel yang panjang dan mendetail akan membuat pengunjung senang dengan blog anda ada mungkin akan ke bookmark oleh pengunjung , dan dia menjadi pengunjung tetap , karena utuk membuat blog , pengunjung adalah no 1

    Balas Yoo

  70. Rajajitu | 1 Komentar +
    January 12th, 2015 @ 23:10

    Menulis konten panjang yang bikin susah bro hehe

    Balas Yoo

  71. Master | 1 Komentar +
    January 12th, 2015 @ 23:11

    Ok sip gan , akan saya pelajari ilmu seo ini , terima kasih ya

    Balas Yoo

  72. winner77 | 1 Komentar +
    June 6th, 2015 @ 18:53

    emang agak susah bikin konten panjang, jadi kadang ada kata2 yang di ulang hehehe

    Balas Yoo

  73. abadipoker | 1 Komentar +
    June 22nd, 2015 @ 11:53

    Postingannya sangat bermanfaat, terimakasih ya bos. jika da info laen mohon di posting lg ya.

    Balas Yoo

  74. prediksitogel | 4 Komentar +
    September 23rd, 2015 @ 19:46

    mantap bos semoga selalu bertambah sukses

    Balas Yoo

  75. togelmarket.me | 4 Komentar +
    May 29th, 2016 @ 08:34

    makasih gan buat infonya dan salam kenal

    Balas Yoo

  76. simon | 4 Komentar +
    July 2nd, 2016 @ 22:30

    makasih gan infonya dan salam sukses

    Balas Yoo

  77. tejo | 4 Komentar +
    August 7th, 2016 @ 02:59

    makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    Balas Yoo

  78. kaca film mobil | 6 Komentar +
    October 6th, 2016 @ 17:28

    Keren bos, dalam 2 bulan dah PR 2

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...