Root » Info » Bebaskan Blogger Vietnam!

Bebaskan Blogger Vietnam!

Kami, para blogger / netizen Indonesia menyampaikan solidaritas dan menyatakan kepedulian yang mendalam atas dijatuhkannya vonis penjara berat terhadap 3 (tiga) blogger Vietnam yang kritis terhadap pemerintah.

Kami menilai, kriminalisasi blogger merupakan ancaman terhadap kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat, dan kebebasan berinformasi.Seperti diberitakan, pada 24 September 2012, Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min menjatuhkan hukuman berat terhadap sejumlah blogger Vietnam (sumber: http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-19697905 dan http://www.ifex.org/vietnam/2012/09/19/dissidents_targeted/) antara 4 hingga 12 tahun penjara.

Mereka dihukum melalui pengadilan yang hanya memakan waktu 6 jam, karena menyuarakan kritik terhadap pemerintah Vietnam. Vonis penjara kepada tiga blogger tersebut menambah panjang daftar kriminalisasi blogger / netizen di Vietnam. Saat ini sudah 19 blogger / netizen di Vietnam yang dipenjara karena kritis terhadap pemerintah (http://en.rsf.org/vietnam-dissidents-and-families-targeted-18-09-2012,43397.html)

Kriminalisasi atas pelaku perbedaan pendapat di Vietnam senyatanya merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM), terutama terkait dengan pasal 19 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) dan pasal 19 Kesepakatan International tentang Hak Sipil dan Politik yang telah diratifikasi oleh Vietnam pada 24 September 1982.

Hukuman penjara yang ditimpakan kepada blogger / netizen di Vietnam tersebut, selain merampas HAM para blogger / netizen yang terkena hukuman, juga dapat menimbulkan “chilling effect“, atau terhambatnya kegiatan yang sah (dalam hal ini kegiatan berpendapat, berekspresi, berinformasi) karena kekuatiran atas ancaman sanksi hukum. Sehingga hanya akan tersisa segelintir blogger / netizen yang masih berani menyuarakan kebenaran dan kejujuran di Vietnam pada khususnya, dan perlahan dapat berdampak pula bagi blogger / netizen di kawasan Asia Tenggara pada umumnya.

Untuk itu, kami mendesak Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min dan Pemerintah Vietnam untuk membebaskan 19 blogger / netizen yang saat ini telah berada di dalam penjara melalui proses hukum yang berlaku dan membuka akses bagi pengamat internasional. Karena kami yakin, pembebasan para blogger / netizen dari penjara tersebut selain pengakuan atas kebebasan berekspresi, berpendapat dan memperoleh informasi, juga sebagai bentuk perlindungan HAM oleh negara.

Demikian pernyataan solidaritas dan kepedulian kami, blogger / netizen Indonesia, agar dapat menjadi perhatian Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min dan Pemerintah Vietnam.

Sumber : http://suarablogger.org/

Twitter

JhezeR

Engineer | Blogger | Pencari Ilmu | Internet Maniak | Pemburu Kesuk$e$an | Penikmat Musik, Film & Pertandingan | Interisti | Muser

telah mempunyai 236 Tulisan di JhezeR.com

Info » » »
Bebaskan Blogger Vietnam! Reviewed by JhezeR on . Sebuah Tulisan tentang Bebaskan Blogger Vietnam! @JhezeR.com

Kami, para blogger / netizen Indonesia menyampaikan solidaritas dan menyatakan kepedulian yang mendalam atas dijatuhkannya vonis penjara berat terhadap 3 (tiga) blogger Vietnam yang kritis terhadap pemerintah. Kami menilai, kriminalisasi blogger merupakan ancaman terhadap kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat, dan kebebasan berinformasi.Seperti diberitakan, pada 24 September 2012, Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min menjatuhkan hukuman berat

Rating: 4

6 Komentar "Bebaskan Blogger Vietnam!"


  1. Bg Dhika | 3 Komentar +
    October 1st, 2012 @ 22:29

    Bg Dhika turut mendukung pembebasan blogger Vietnam

    Balas Yoo

  2. dHaNy | 29 Komentar + ♥♥
    October 2nd, 2012 @ 22:31

    WAh kasihan banget nih rezim pemerintah sana ternyata masih semena2 gitu… Semoga saja makin banyak yang menyuarakan revolusi…

    Balas Yoo

  3. Pojok Bikers | 1 Komentar +
    October 3rd, 2012 @ 11:34

    waw…memang nya isi tulisannya seperti apa sampe dihukum 4 tahun? ada unsur provokasi nya kali…

    Balas Yoo

  4. ikhsan.net | 4 Komentar +
    October 10th, 2012 @ 07:44

    vietnam kan emg negara begitu

    Balas Yoo

  5. Jefry | 4 Komentar +
    October 24th, 2012 @ 12:42

    Semoga pemerintah Vietnam terbuka hatinya untuk membebaskan blogger2 disana dan mari kita junjung tinggi kebebasan berbicara dan bersuara..

    Balas Yoo

  6. farizalfa | 13 Komentar +
    October 24th, 2012 @ 17:41

    yang pastinya saya sangat mendukung bebasnya Blogger Vietnam, saya sangat heran dengan kebenaran HAM di dunia ini, ckckckckck

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...