Root » Info » 13 Trik Memaksimalkan Online Marketing B2C Melalui Social Media

13 Trik Memaksimalkan Online Marketing B2C Melalui Social Media

Banyak sekali online shop bertebaran di internet. Ada yang memilih untuk membuka lapak dagangannya di situs ecommerce besar, ada juga yang punya website jualan sendiri. Tapi, banyak juga yang memilih untuk menggunakan social media saja. Social media dinilai lebih ampuh karena berisi daftar teman yang dimiliki. Biasanya, orang-orang yang ada di social media lebih familiar dan lebih dikenal, melalui status dan postingan yang dibagikan. Meskipun tidak dirancang secara khusus untuk berjualan, toh banyak juga yang berhasil meraup keuntungan dari online shop di social media.

Trik Memaksimalkan Online Marketing B2C Melalui Social Media

Keuntungan lain dari memanfaatkan socmed sebagai online shop adalah bisa menciptakan hubungan yang lebih personal dengan para customer. Ini karena pada dasarnya social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, maupun social media lainnya memang diciptakan untuk menjalin keeratan personal. Dengan begitu, pelanggan Anda pun akan merasa diistimewakan.

Meski demikian, banyak juga yang masih bertanya-tanya, “Kok bisa ya orang-orang punya pelanggan begitu banyak dan mendapatkan banyak omzet? Bagaimana mereka bisa ditemukan oleh para customernya?” Nah, untuk mengetahui hal ini tentunya dibutuhkan trik-trik pintar memperluas pasar melalui social media, utamanya Fanspage di FB dan Instagram. Apalagi, kini socmed sudah dilengkapi dengan fitur yang makin banyak dan keren. Tinggal bagaimana Anda mengatur strategi untuk menggunakan semua fasilitas dan fitur tersebut. Jika masih bingung, boleh coba beberapa trik berikut ini.

1. Konsistensi Posting

Rutin melakukan posting sangatlah penting agar para follower, liker, dan teman di social media tidak lupa pada keberadaan bisnis Anda. Tapi, jangan sampai posting terlalu banyak jika tidak ingin akun tersebut di-banned karena melakukan aktivitas mencurigakan.

2. Memaksimalkan Hashtag

Hashtag sangat penting karena dengan ini produk Anda bisa mudah ditemukan. Untuk akun Instagram, cobalah menggunakan hashtag #likeforlike atau #followforfollow untuk menambah jumlah like dan follower. Ketika ada akun yang menyukai atau mengikuti, maka Anda harus ikut menyukai dan follow dia juga. Jadi bisa saling menguntungkan.

3. Buat Grup Sesama Pemilik Online Shop

Tagar #likeforlike dan #followforfollow memang agak sulit jika dilakukan sendirian. Maka sebaiknya Anda mulai membuat atau bergabung dengan grup online shop dan mengadakan program untuk saling like for like dan follow for follow tersebut. Saat ini, grup semacam ini juga biasanya mengadakan kegiatan saling promo online shop miliki anggota grup ke timeline, FP, dan instagram masing-masing.

4. Kualitas Foto

Jangan remehkan kekuatan foto, karena bagaimanapun penampilan produk adalah hal penting untuk menarik perhatian dan meyakinkan calon pembeli. Gunakan teknik memotret dan aplikasi foto yang baik, tapi jangan sampai membuat hasil edit berbeda jauh dari kondisi produk sebenarnya. Gunakan property foto senderhana untuk membuat foto jadi lebih bagus.

5. Inbound Marketing

Inbound marketing adalah trik pemasaran dengan tidak secara langsung mempromosikan barang dagangan, melainkan memberikan informasi menarik yang menghibur atau memberikan tips dan solusi. Sebisa mungkin buatlah konten yang mengundang orang untuk like postingan Anda, meskipun itu tidak berkaitan dengan produk yang dijual secara langsung. Misalnya dengan membagikan komik dan tulisan lucu, tips, dan tutorial.

6. Jangan Asal Tag dan Mention

Risih, kan, kalau tahu-tahu ada orang yang ‘mencatut’ akun Anda untuk berjualan. Foto dan postingan dengan tagging di Facebook biasanya cukup mengganggu dan ‘mengotori’ timeline. Orang jadi kurang suka dengan mereka yang sering melakukan tag sembarangan. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini, kecuali untuk postingan yang memang berkaitan langsung dengan mereka.

7. Album Testimoni

Posting hasil screenshot pembicaraan Anda dengan pembeli, atau jika mereka berkenan, mintalah untuk memotret produk yang sudah sampai. Foto testimony penting untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemiliki online shop yang professional.

8. Program Give Away

Sesekali, buat program give away sebagai tanda terima kasih pada mereka yang sudah mendukung bisnis Anda akan menjadi hal yang baik. Hal ini juga bisa memberikan citra yang positif.

9. Bersihkan Timeline FB

Jangan sampai calon pembeli kesulitan menemukan produk jualan Anda gara-gara timeline FB penuh dengan spam dagangan orang lain. Atur privacy setting dan bersihkan timeline dari spam.

10. Atur Privasi dan Konten Personal

Karena sudah menjadi media untuk berjualan, mau tidak mau FB dan IG tidak boleh di-private, harus bisa dilihat oleh siapa saja. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa memposting hal-hal pribadi. Justru socmed membutuhkan sentuhan personal agar akun-akun tersebut tidak terlihat kaku. Tapi, pastikan Anda tidak memposting masalah dan keluhan yang bisa memperburuk citra diri dan mengurangi kepercayaan pelanggan.

11. Pilih Nama yang Tepat

Sebisa mungkin hindari nama yang rumit dan alay, baik itu nama produk (brand) maupun nama akun Anda. Gunakan nama asli atau brand yang mudah diingat, kalau bisa jangan lebih dari 5 suku kata.

12. Tambah Teman

Setiap hari Anda harus memiliki teman baru di Facebook. Bisa dengan menambahkan teman dari teman, teman dari kerabat atau keluarga, maupun orang-orang dari grup yang Anda ikuti. Tapi jangan sampai berlebihan, jika tidak ingin akun di-banned.

13. Social Media Walking

Rajin-rajinlah mengunjungi timeline atau akun IG milik orang lain, bila perlu mereka yang follower dan temannya lebih banyak. Sekadar memberikan like dan komentar, atau mengajak ngobrol dan tanya-tanya tentang postingan mereka boleh saja. Tapi, jangan buru-buru ngiklan dan spamming, ya. Juga jangan sampai terlalu sok dekat, apalagi kalau pemilik akun tidak dikenal langsung.

Itulah ketiga belas cara untuk memaksimalkan marketing melalui social media, tanpa Anda harus menguasai dan menggunakan aplikasi spam. Dengan begitu, bisnis tetap berjalan lancar, akun socmed pun tetap aman. Agar penjualan lebih maksimal, manfaatkan juga bekerjasama dengan akun social media situs ecommerce yang sudah ada banyak sekali, seperti Lazada, eBay, atau ShopBack Indonesia. Semoga berhasil, ya!

Twitter

Irvan Sanjaya

Freelance writer dan kontributor di ShopBack - Sebuah situs yang akan memberikan cashback setiap kamu belanja online di toko online favoritmu.

telah mempunyai 1 Tulisan di JhezeR.com

Info » Others » » » » saran beli hp » nama grup fb yang bagus » nama yang bagus untuk grup fb » nm bgs buat grup fb » nama yang bagus untuk group fb » cara jual photo di internet »
13 Trik Memaksimalkan Online Marketing B2C Melalui Social Media Reviewed by IrvanZhang on . Sebuah Tulisan tentang 13 Trik Memaksimalkan Online Marketing B2C Melalui Social Media @JhezeR.com

Banyak sekali online shop bertebaran di internet. Ada yang memilih untuk membuka lapak dagangannya di situs ecommerce besar, ada juga yang punya website jualan sendiri. Tapi, banyak juga yang memilih untuk menggunakan social media saja. Social media dinilai lebih ampuh karena berisi daftar teman yang dimiliki. Biasanya, orang-orang yang ada di social media lebih familiar

Rating: 5

28 Komentar "13 Trik Memaksimalkan Online Marketing B2C Melalui Social Media"


  1. One’s Excellent | 3 Komentar +
    January 5th, 2016 @ 19:33

    Saya sendiri masih banyak belajar gan dengan ilmu Online Marketing. Memang sangat menyita perhatian saya untuk mempelajarinya.

    Balas Yoo

  2. js adiba | 2 Komentar +
    January 21st, 2016 @ 14:22

    makasih banyak infonya mas, ini sangat keren sekali dan kayanya bisa diterapkan juga untuk bisnis toko online

    Balas Yoo

  3. android2016 | 1 Komentar +
    February 2nd, 2016 @ 20:24

    memang jaman sekarang itu sosial media sangat berpengaruh sekali, apalagi bagi seorang im, karna disosial media juga kita bisa membuat market dengan jurus sendiri-sendiri

    Balas Yoo

  4. adeng dania | 2 Komentar +
    February 4th, 2016 @ 07:29

    media sosial memang membutuhkan konsistensi untuk selalu online menjaga lapak, kalo lambat respon inbox customer sering jadi masalah

    Balas Yoo

  5. hybrid cars | 16 Komentar +
    February 4th, 2016 @ 10:56

    Menarik postingannya. Baru tertarik untuk memulai bisnis online tapi bingung mau mulai dari mana. siip dapat pencerahan lewat media sosial… 🙂

    Balas Yoo

  6. Wiwi | 1 Komentar +
    February 9th, 2016 @ 08:04

    Terima kasih atas tulisannya yang sangat bermanfaat, terutama untuk pelaku usaha online 🙂
    Beberapa cara yang disebutkan diatas sudah saya jalankan, beberapa lagi belum, semoga kedepannya para pelaku usaha online bisa mengoptimalkan sosial media sebagai alat pemasarannya, termasuk saya 😀

    Balas Yoo

  7. Digital Marketing Indonesia | 1 Komentar +
    February 9th, 2016 @ 16:51

    Keren sekali tips online marketing yang diberikan. Praktis, simple, dan mengena. Pelaku bisnis online memang sudah semakin menjamur di Indonesia, dan banyak banget yang manfaatin social media seperti Facebook dan Instagram. Btw, kalau pakai ads gitu apakah direkomendasikan? Thanks.

    Balas Yoo

  8. kontraktor pabrik | 2 Komentar +
    March 22nd, 2016 @ 13:53

    mau minta sarannya gan, kira2 kalau strategi online marketing ini kita aplikasikan pada perusahaan yang super besar dan super terkenal masuk gak yah? seperti yang ane sekarang coba aplikasaiin pada perusahaan konstruksi bangunan di jakarta. nah kalau memang straegi di atas bisa masuk, ane mau coba kembangin lagi.

    Balas Yoo

  9. denokarsinoma | 1 Komentar +
    March 25th, 2016 @ 14:36

    Terimakasih untuk informasi yang telah diberikan,ini menjadi suatu informasi yang sangat patut untuk dibaca terutama sangat membantu dalam menambah wawasan disetiap daerah di seluruh Indonesia

    Balas Yoo

  10. Om Rudi | 1 Komentar +
    April 4th, 2016 @ 08:07

    memang benar sob, social media sangat ampuh memaksimalkan bisnis online..
    saya sj sdh merasakan dampaknya..

    Balas Yoo

  11. April 7th, 2016 @ 14:28

    Semakin keseini informasi yang diberikan semakin menarik sekali,saya sangat menyukainya karena memberikan wawasan dan pengetahuan baru.Mohon izin share juga yah gan 🙂

    Balas Yoo

  12. qnc | 1 Komentar +
    April 29th, 2016 @ 08:36

    intinya, apapun media yang mereka pilih untuk berjualan yang penting menguntungkan 😀 ijin share ya gan

    Balas Yoo

  13. siperubahan | 1 Komentar +
    May 18th, 2016 @ 17:29

    Nah itu benar memang saat ini media online, media cetak, portal berita banyak dimanfaatkan sebagai stategi yang tepat untuk memulai bisnis

    Balas Yoo

  14. LPK Bahasa Korea Murah | 1 Komentar +
    June 2nd, 2016 @ 20:07

    Info yang sangat bermanfaat gan. Saya sendiri harus banyak belajar dengan Ilmu Marketing khususnya Marketing Online. Terima kasih …

    Balas Yoo

  15. Pengertian | 3 Komentar +
    June 23rd, 2016 @ 05:02

    dan yg penting adalah nasib

    Balas Yoo

  16. Wilasari Furniture Jepara | 1 Komentar +
    June 29th, 2016 @ 21:26

    Mkasih infonya bos

    Balas Yoo

  17. cerita lucu | 1 Komentar +
    July 12th, 2016 @ 23:29

    memang benar sob, social media sangat ampuh memaksimalkan bisnis online..
    saya sj sdh merasakan dampaknya..

    Balas Yoo

  18. Informasi | 3 Komentar +
    July 18th, 2016 @ 09:01

    kami ingin sekali berbagi informasi mengenai kesehatan dengan berkunjung ke website ini…

    Balas Yoo

  19. Tips | 2 Komentar +
    July 19th, 2016 @ 14:29

    senang berkunjung kembali untuk kesekian kalinya ke website ini, terima kasih sebelumnya,

    Balas Yoo

  20. Lupus | 3 Komentar +
    July 20th, 2016 @ 08:38

    kami minta izin untuk berbagi info mengenai kesehatan disini, semoga bermanfaat infonya,

    Balas Yoo

  21. Bimtek Diklat Nasional | 2 Komentar +
    July 26th, 2016 @ 14:57

    thanks for sharing

    Balas Yoo

  22. Info | 3 Komentar +
    August 3rd, 2016 @ 08:52

    tampilan warna yang cukup menarik untuk digunakan pada website ini, sangat bagus…

    Balas Yoo

  23. Info | 1 Komentar +
    August 19th, 2016 @ 14:28

    sangat membantu sekali untuk kami karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan,

    Balas Yoo

  24. mengecilkan jerawat | 2 Komentar +
    September 21st, 2016 @ 09:10

    tampilan warna yang cukup menarik untuk digunakan pada website ini, sangat bagus…

    Balas Yoo

  25. kaca film mobil | 6 Komentar +
    October 6th, 2016 @ 17:42

    Tips yang di berikan mantab sekali, tapi susah untuk di praktekkan.Memang harus fokus dan konsisten baru bisa memaksimalkan online shop yang kita jalankan

    Balas Yoo

  26. November 27th, 2016 @ 11:51

    Wah bener tuh min, sosial media sekarang sangat berperan besar sekali dalam membantu memasarkan apa yang kita jual. Bahkan jika digunakan dengan maksimal dan tau caranya untuk menggunakan sosial media dengan baik, ini bisa jadi kesempatan yang bagus. Semoga tren sosial media ini ke depannya bisa berkembang terus dan kita-kita yang ada di dalamnya bisa terus belajar hal-hal baru.

    Balas Yoo

  27. contoh surat | 1 Komentar +
    November 27th, 2016 @ 20:33

    terimakasih, artikel yang sangat menarik bagi pemula di dunia bisnis online seperti saya…

    Balas Yoo

    gopro |

    betul sekali sob, bookmark dulu ah 🙂

    Balas Yoo

Halo, Silahkan Tinggalkan Jejak Komentarnya Yoo...